Jakarta (ANTARA) - Warga menyambut antusias Presiden Joko Widodo saat melintas di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, sekitar pukul 07.30 WIB untuk menghadiri upacara HUT ke-78 TNI di Monumen Nasional (Monas), Kamis.
 
"I love you (aku mencintaimu), Pak Jokowi!" teriak salah satu warga sambil melambaikan tangannya.
 
Dari dalam mobil kepresidenan, Presiden Jokowi juga melambaikan tangannya untuk menyapa para warga yang menyambutnya dengan antusias.
 
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan hadir di Monas untuk Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI.
 
Tampak warga sudah banyak berkumpul di kawasan Monas sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat hingga Jalan Medan Merdeka Selatan sejak pukul 06.30 WIB.

Baca juga: Arus lalu lintas Monas-Istana direkayasa untuk HUT TNI

Lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat juga ramai lancar tanpa adanya penutupan.

Namun, pada Jalan Medan Merdeka Barat menuju arah Patung Kuda Arjuna Wiwaha sempat disterilkan selama sekitar 10 menit ketika mobil Presiden Jokowi dan rombongan melintas.
 
Salah satu warga, Siti, bercerita bahwa ia dan cucunya sudah menunggu di sekitar Monas sejak pukul 07.00 WIB untuk menyaksikan langsung jalannya HUT TNI.
 
"Karena nanti saya mau nonton paradenya, cucu saya juga mau ikut jadinya," katanya.

Warga lainnya pun terpantau turut berdatangan ke sekitaran Monas dengan menaiki bus dan odong-odong secara bersama-sama.

Baca juga: TNI AU jelaskan suara gemuruh di langit Jakarta
 
Puncak peringatan HUT Ke-78 TNI digelar di Kompleks Monumen Nasional, Jakarta, pada Kamis ini.

Rangkaian upacara dimulai sejak pukul 06.30 WIB dan dijadwalkan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB.
 
Sejumlah atraksi dan parade dipersiapkan oleh TNI untuk para tamu undangan dan masyarakat selama perayaan HUT berlangsung.
 
Selepas upacara, ada sejumlah acara hiburan musik dari sejumlah kelompok musik seperti matra TNI, kemudian ada penyanyi Derfira Indra, Doel Sumbang, Slank, Lala Windy dan Meggy Giaz.

Acara musik dan hiburan itu dijadwalkan berlangsung sampai pukul 22.00 WIB.

Baca juga: TNI-AU bagikan sembako-masker ke rumah singgah yatim piatu Jakarta

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023