Bayer mendorong perempuan Indonesia untuk mampu mengambil keputusan secara sadar dan mandiri terkait kesehatan reproduksinya agar tercapai kualitas hidup yang lebih baik.

Jakarta, Indoneisa, (ANTARA/PRNewswire)- Bertepatan dengan peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia 2023, Bayer Indonesia meluncurkan kampanye Bayer for Her yang menyerukan pentingnya tindakan oleh perempuan Indonesia untuk meningkatkan kesehatan reproduksinya sehingga tercapai kualitas hidup yang lebih baik. Bayer For Her mendorong diskusi seputar topik kesehatan reproduksi perempuan secara terbuka dan berkonsultasi dengan Dokter atau bidan secara nyaman. Kampanye ini dalam bentuk akses informasi dan edukasi untuk perempuan selama satu tahun.


Peluncuran Bayer For Her ini dilakukan Bayer bersama dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dengan serangkaian kegiatan webinar untuk awam dan ilmiah, disiarkan melalui website Bicara Kontrasepsi (www.bicarakontrasepsi.com) dan sosial media BKKBN.

Badan Pusat Statistik mencatat total penduduk Indonesia pada tahun 2022 sebanyak 274,20 juta jiwa dimana 49,5% atau 135,75 juta jiwa adalah perempuan dengan populasi usia produktif terbanyak di rentang 15 - 64 tahun (69,08%)1. Kemampuan perempuan untuk memutuskan kapan dan berapa banyak anak yang mereka inginkan merupakan hal penting dalam pemberdayaan perempuan dan pembangunan berkelanjutan. Untuk itu Bayer sebagai mitra BKKBN berkolaborasi untuk mendukung kegiatan seminar dan webinar baik untuk awam, bidan dan Dokter secara nasional.

Hampir 132 juta perempuan usia subur di Asia mempunyai kebutuhan yang tidak terpenuhi akan kontrasepsi modern, yaitu mereka ingin menunda kehamilan namun tidak menggunakan kontrasepsi atau menggunakan metode tradisional yang kurang efektif dibandingkan metode modern2.

Kinshuk Kunwar, Presiden Direktur Bayer Indonesia mengatakan,"Sejalan dengan visi Bayer: Health for All, Hunger for None, salah satu kunci dari misi kami adalah memberdayakan kesehatan perempuan dengan memberikan akses terhadap keluarga berencana. Keluarga berencana berperan penting dalam mengurangi kemiskinan dan kelaparan, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, memastikan pendidikan berkualitas tinggi dan pertumbuhan ekonomi untuk keadilan dan kesetaraan. Di Indonesia target kami menjangkau satu juta perempuan di kota dan desa melalui program keberlanjutan kami, Bayer untuk Indonesia (BISA) sampai dengan tahun 2030.  Sampai saat ini program BISA telah sukses dijalankan di Banten, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Timur, dan akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Tentu saja semua upaya ini dapat terwujud dengan kolaborasi erat dengan BKKBN dan IBI."

Mitos seputar Kontrasepsi Modern

Menurut UNFPA (United Nations Population Fund) , hampir separuh perempuan yang tinggal di lebih dari 50 negara di seluruh dunia tidak mampu membuat keputusan sendiri mengenai hak-hak reproduksi mereka. Mitos dan misinformasi seputar penggunaan kontrasepsi membuat perempuan enggan menggunakan metode keluarga berencana modern3. 

Sebagai pemimpin di bidang kesehatan perempuan, Bayer berkomitmen untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran perempuan terkait kontrasepsi.

"Tahun ini kami meluncurkan Bayer For Her untuk mendorong perempuan Indonesia terbuka dalam mencari informasi yang terpercaya dan berdiskusi #ConversationsofCare tentang masalah kesehatan reproduksi mereka termasuk kontrasepsi, nyeri haid atau pendarahan menstruasi yang berat, baik dengan keluarga, teman dan tenaga kesehatan profesional. Kampanye ini akan akan berlangsung selama 365 hari. Melalui kampanye ini diharapkan perempuan Indonesia dapat mengambil keputusan secara sadar dan mandiri terkait kesehatan reproduksinya," kata Jeff Lai, Country Division Head Pharmaceuticals Bayer Indonesia. Kampanye Bayer for Her juga akan menjangkau seluruh karyawan Bayer Indonesia melalui kegiatan #EmpowerHer. Kegiatan meliputi olahraga, kampanye Bayer For Her di sosial media, dan bincang sehat bersama Dokter spesialis kebidanan dan kandungan terkait kesehatan reproduksi perempuan.

Hak atas keluarga berencana lebih dari sekedar penggunaan metode kontrasepsi. Ini tentang bagaimana seseorang – terutama perempuan dapat menggunakan haknya atas tubuhnya sendiri dan membuat keputusan terbaik4. Meningkatkan kesehatan, hak-hak dan status ekonomi perempuan merupakan langkah besar menuju peningkatan kesetaraan gender. Ketika perempuan menjadi pusat perhatian dalam berbagai aspek masyarakat, termasuk peran kepemimpinan dan pengambilan keputusan mengenai kesehatan keluarga, maka kebutuhan mereka dalam mengatasi masalah kesehatan dan upaya dalam memberikan solusi yang sesuai akan meningkat pula.


Tentang Hari Kontrasepsi Sedunia (World Contraception Day / WCD)5

WCD diadakan setiap tahun pada tanggal 26 September. Kampanye global yang dilakukan setiap tahun di dunia dengan visi setiap kehamilan direncanakan. WCD diluncurkan pada tahun 2007 dengan misi untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kontrasepsi dan memberikan informasi kepada masyarakat agar dapat memahami dan membuat keputusan yang tepat terkait kesehatan reproduksinya. Untuk mencapai tujuan ini, enam belas mitra internasional telah membentuk koalisi WCD yang terdiri dari LSM, organisasi pemerintah serta asosiasi ilmiah dan medis dan didukung oleh Bayer AG.

Mitra tersebut adalah:

120 Under Forty
DSW (Deutsche Stiftung Weltbevoelkerung)
EngenderHealth (EH)
European Society of Contraception and Reproductive Health (ESC)
Every Woman Every Child
Family Planning 2030
Federation Latinoamericana de Sociedades de Obstetricia y Ginecologia (FLASOG)
International Federation of Pediatric and Adolescent Gynecology (FIGIJ)
International Planned Parenthood Federation (IPPF)
Marie Stopes International (MSI)
Pathfinder International
Population Council
Population Services International (PSI)
United Nations Population Fund (UNFPA)
Women Deliver (WD)
Whispa Health
Tentang Bayer

Bayer adalah perusahaan global dengan kompetensi inti di bidang life science terkait kesehatan dan pertanian. Produk serta layanan Bayer dirancang untuk memberikan manfaat dan menjawab tantangan utama yang muncul akibat populasi dunia yang terus bertambah dan menua. Grup Bayer bertujuan untuk menciptakan nilai melalui inovasi, pertumbuhan dan daya penghasilan tinggi. Sebagai korporasi, Bayer memegang teguh prinsip–prinsip pembangunan berkelanjutan dan memberikan manfaat positif bagi bisnisnya. Pada saat yang sama, Bayer bertujuan untuk meningkatkan kekuatan penghasilannya dan menciptakan nilai melalui inovasi dan pertumbuhan. Merek Bayer merupakan perwujudan dari kepercayaan, keandalan, dan kualitas di seluruh dunia. Pada tahun fiskal 2022, Bayer mempekerjakan sekitar 101.000 orang dengan penjualan senilai 50,7 miliar euro. Pengeluaran R&D sebelum item khusus mencapai 6,2 miliar euro. Informasi lebih lanjut: www.bayer.com

Referensi:

Guttmacher Institute, Abortion Worldwide 2017: Uneven Progress and Unequal Access, Susheela Singh et al, March 2018 https://www.guttmacher.org/report/abortion-worldwide-2017
Ninuk Widyantoro (2012). Family Planning and Human Rights. Paper provided to UNFPA by the author.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023