Bandarlampung (ANTARA) - Pewarta LKBN ANTARA Triono Subagyo kembali dipercaya oleh FIFA untuk menjadi voter (pemilih) pemain, kiper, dan pelatih terbaik untuk tahun 2023.

Yoyok, sapaan Triono Subagyo yang kini jabatannya sebagai redaktur di LKBN ANTARA, di Bandarlampung, Kamis mengatakan, jadi voter tahun ini adalah untuk yang ke enam sejak tahun 2018.

"Sejak korespondensi dengan FIFA menjelang liputan Piala Dunia 2018 di Rusia, dan tahun itu pula diminta sebagai voter mewakili jurnalis Indonesia," kata dia.

Jadi, lanjut dia, enam kali berturut itu sejak tahun 2018, 2019, 2020, 2021, 2022, dan 2023.

"Proses dalam pemilihannya sama yakni selektif dan khusus atau pribadi. Tidak bisa diwakilkan atau diberikan kepada pihak lain. Jika tidak bersedia, maka oleh FIFA akan diberikan ke pihak lain, dan kemungkinan tidak ke media yang sama," jelasnya.

Untuk masuk dalam kanal memilih, Yoyok mengatakan ia mendapatkan username dan password khusus.

"Untuk username, bukan nama saya, tetapi nama negara (Indonesia)dan dibubuhi nomor (angka) di belakangnya, kemudian password-nya pun khusus. Itu semua dikirim ke email. Baru kemarin sore dikirim itu semua," kata dia.

Selanjutnya, ketika selesai memilih, maka terakhir akan diberikan ruang khusus untuk foto (selfi) dan memberikan tanda tangan, sehingga akan dicocokkan dengan data yang pernah ada.

Menyinggung soal siapa yang dipilih, ia menjelaskan sudah dipandu oleh pihak FIFA. Misal, beberapa pemain, kiper dan pelatih yang masuk nominasi diberikan catatan prestasinya.

"Kita kan mengikuti perkembangan sepak bola dunia sehingga sudah mempunyai pilihan sendiri pemain termasuk kiper dan pelatih dengan prestasinya. Apalagi diberikan catatan tambahan oleh FIFA, jadi sangat menunjang dalam memilih," ujar dia, yang juga pernah menjabat sebagai Humas KONI Lampung dan Sekretaris SIWO PWI Lampung itu.

Yoyok menjelaskan, pemungutan suara akan ditutup pada Jumat, tanggal 6 Oktober nanti. Ia sudah diperingatkan untuk segera memberikan suaranya, dan telah dilakukan pada Kamis dini hari tadi.

Sementara itu, Kepala Biro ANTARA Lampung Hisar Sitanggang mengaku bangga bahwa pewarta/redaktur ANTARA masih diberikan kepercayaan oleh pihak FIFA.

"Saya ikut bangga karena selama enam tahun berturut diberikan kepercayaan untuk menjadi voter. Mas Yoyok sangat mengikuti perkembangan sepak bola dunia, bahkan kami sering diskusi tentang itu," kata dia.

Baca juga: Pewarta ANTARA kembali jadi voter pemain terbaik versi FIFA

Baca juga: PSSI kabarkan "voter" bahwa Kongres Biasa digelar 7 Januari 2023

Baca juga: Jurnalis ANTARA jadi voter pemain terbaik FIFA 2020

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023