Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menyatakan fungsi pengawasan BI sudah berjalan sangat baik di mana tidak ada satu pun bank-bank bermasalah yang luput dari pengawasan.

"Tidak ada satu pun bank di republik kita ini sekarang luput dari pengawasan BI," ujar Gubernur BI Darmin Nasution dalam acara perpisahan dengan wartawan di Gedung BI, Jakarta, Senin, menjelang masa jabatannya berakhir.

Darmin menuturkan, pihaknya telah memperbaiki pengawasan dan pemeriksaan terhadap perbankan dengan sangat dalam.

"Artinya semua bank yang bermasalah, sekarang itu tidak ada lagi," ujar Darmin.

Menurut Darmin, menyelesaikan problema pada bank yang bermasalah tidak boleh ragu-ragu dan harus mempelajari permasalahan sebenarnya lalu diperbaiki dengan baik.

"Kalau tidak jual saja banknya. Ngapain kita pusing-pusing kalau bank bermasalah, yang bikin masalah aja orang lain, ya pemilik atau pengurus bank. Dan itu terbukti berhasil," kata Darmin.

Darmin menambahkan, selain pengawasan perbankan, masih banyak tugas dan tantangan yang akan dihadapi oleh BI di masa-masa mendatang dan ia yakin Gubernur BI yang baru bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Darmin sendiri akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur BI pada 22 Mei 2013 dan akan digantikan oleh Agus Martowardojo yang rencananya akan dilantik pada 24 Mei 2013.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013