Hong Kong (ANTARA) - Hong Kong mencatatkan pasar konsumen yang ramai dan mencetak rekor di saat kota itu berupaya memaksimalkan potensi perbelanjaannya selama liburan Festival Pertengahan Musim Gugur dan Hari Nasional China yang berlangsung dari 30 September hingga 2 Oktober.

Museum Istana Hong Kong terbukti menjadi sorotan utama, dengan jumlah pengunjung mencatatkan rekor tertinggi di angka lebih dari 9.200 orang pada 2 Oktober, yang menandai jumlah pengunjung harian tertinggi sejak dibuka pada Juli 2022 lalu.

Selain itu, upaya promosi yang dilakukan oleh Hong Kong Theatres Association juga menorehkan pencapaian luar biasa lainnya, di mana jumlah pengunjung pada Hari Nasional tahun ini menembus angka lebih dari 150.000 orang, rekor pengunjung Hari Nasional tertinggi dalam kurun hampir satu dekade terakhir.

Industri makanan dan minuman juga mengalami peningkatan signifikan dalam hal konsumsi dan aktivitas rekreasi. Lebih dari 1.700 restoran di Hong Kong memberikan diskon 30 persen selama periode festival kali ini, serta menawarkan menu khusus dan promosi makanan.

Menurut Presiden Federasi Restoran dan Perdagangan Terkait Hong Kong Simon Wong, liburan tiga hari itu diperkirakan akan menghasilkan sekitar 1,2 miliar dolar Hong Kong atau sekitar 150 juta dolar AS dalam pendapatan industri makanan dan minuman, mendekati level prapandemi.
 
   Setelah absen selama lima tahun, pertunjukan kembang api Hari Nasional China kembali menerangi langit Hong Kong, menarik lebih dari 430.000 penonton yang memadati kedua sisi Pelabuhan Victoria demi menyaksikan tontonan megah ini secara langsung


Pertunjukan kembang api tersebut merupakan salah satu bagian acara dari program Night Vibes Hong Kong. Setelah menyaksikan pertunjukan memukau itu, banyak warga kemudian menyambangi The Waterfront Carnival di Wan Chai untuk menikmati suasana pasar yang semarak. Antrean panjang tampak mengular di depan berbagai kios, saat orang-orang menikmati acara yang meriah ini.

Mulai 27 September, pasar malam diadakan di tiga lokasi tepi laut, yakni Wan Chai, Kwun Tong, dan Kennedy Town, menambah kemeriahan suasana dan memberikan lebih banyak kesempatan bagi warga setempat serta wisatawan untuk menikmati kemeriahan suasana festival.

Pasar-pasar malam tersebut menampilkan beragam pertunjukan dan menghadirkan berbagai macam stan, menyuguhkan suasana malam yang semarak. Pasar Kennedy Town yang terletak di sepanjang Belcher Bay Promenade tidak hanya menawarkan aneka jajanan tradisional dan kerajinan tangan, tetapi juga layanan pijat serta kegiatan membuat permen kapas. Pertunjukan musik live juga digelar setiap malam.

Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong John Lee mengatakan bahwa program Night Vibes Hong Kong akan berlanjut hingga awal tahun depan, dan pihak otoritas akan terus menghimpun opini publik serta memasukkan elemen-elemen baru demi menawarkan lebih banyak pilihan bagi warga.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023