Sekolah ini benar-benar hilang
Jakarta (ANTARA News) - Dua gedung sekolah dasar Moore Plaza Towers Elementary dan Briarwood Elementary, di dekat Kota Oklahoma, Amerika Serikat, rata dengan tanah akibat terjangan tornado yang terjadi Senin petang atau Selasa dinihari WIB.

Tidak jelas berapa anak berada di sekolah tersebut saat angin yang berbentuk cendawan raksasa itu menerjang. Pusat penampungan sementara didirikan untuk merawat korban.

"Ini adalah `daerah pertempuran yang mengerikan`," kata John Welsh, pilot helikopter buat KFOR yang tinggal di Moore, sewaktu meneliti kerusakan dari udara.

"Sekolah ini benar-benar hilang," ujarnya.

Awan yang berbentuk cendawan raksasa terlihat dari jarak beberapa mil, sewaktu fenomena alam itu menciptakan ladang puing dengan lebar beberapa mil.

Menurut National Weather Service di Norman, Oklahoma, tornado tersebut berada di daratan selama sekitar 40 menit, dan peringatan tornado diberlakukan selama 16 menit sebelum angin puting beliung yang sangat kuat itu menyerang.

Pada 3 Mei 1999, 14 tornado, termasuk yang dengan kategori F5--yang tertinggi dalam Skala Fujita--menerjang Kota Oklahoma dan menewaskan 36 orang serta melukai 295 orang lainnya.
(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013