Sentani (ANTARA) -
Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus dapat mengawal demokrasi di negeri ini untuk menciptakan Indonesia berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam sambutan yang dibacakan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan di Sentani, Kamis mengatakan tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI 2023 ialah TNI patriot NKRI pengawal demokrasi untuk Indonesia maju.

“Maknanya adalah kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi,” katanya.

Menurutnya, mengapa tema itu diangkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum (pemilu) serentak 2024.

“Dimana akan dilaksanakan pemilihan presiden-wakil presiden, anggota legislatif, serta Pilkada serentak di 548 daerah yaitu pada 38 provinsi, 415 kabupaten dan 98 kota madya,” ujarnya.

Dia menjelaskan kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.

“Untuk menyikapi kondisi tersebut para prajurit TNI dituntut untuk peka, antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa,” katanya.

Dia menambahkan TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Danlanud Silas Papare, Marsma TNI M Dadan Gunawan dan Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono memotong tumpeng dan membagikan kepada anggota di puncak HUT ke-78 TNI 2023.

Baca juga: Pangdam IX/Udayana ingin prajurit TNI makin modern dan dicintai rakyat

Baca juga: Kodam Kasuari pastikan situasi keamanan wilayah jadi prioritas
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023