Jakarta (ANTARA) - Formula 1 akan melanjutkan perhelatan menuju ronde ke-17 dari 22 kalender balapan di Lusail International Circuit, Qatar pada 9 Oktober pukul 00.00 WIB.

Perhelatan tersebut merupakan kali kedua Formula 1 melangsungkan ajang balap bergengsi di sirkuit tersebut sejak tahun 2021.

Menurut informasi yang disiarkan Reuters, Kamis, balapan kedua di sirkuit ini merupakan awal dari kontrak 10 tahun untuk menjadi tuan rumah Formula 1.

Sirkuit Internasional Lusail diketahui memiliki panjang 5,4 kilometer. Trek di sirkuit tersebut dilengkapi tikungan berkecepatan menengah dan tinggi yang mendominasi, dengan 16 tikungan dan hanya 1 zona DRS.

Suhu siang di lintasan tersebut diperkirakan sekitar 40 derajat selsius sedangkan suhu akan mengalami penurunan menjadi 27 derajat pada malam hari.

Sirkuit Lusail

Jarak putaran: 5,419km
Total jarak: 308,611km (57 lap)
Posisi Pole 2021: Lewis Hamilton (Inggris) Mercedes Satu menit 20,827 detik
Pemenang tahun 2021: Hamilton
Lap tercepat balapan: Max Verstappen (Belanda) Red Bull 1:23.196

Pada balapan kali ini, Max Verstappen kemungkinan akan merebut gelar juara dunia ketiganya. Sebab, pembalap asal Belanda yang baru berulang tahun ke-26 itu hanya membutuhkan tiga poin.

Verstappen akan menjadi pembalap pertama yang memenangkan gelar pada balapan hari Sabtu mendatang sejak Nelson Piquet dari Brasil di Grand Prix Afrika Selatan 1983.

Verstappen diketahui telah memenangkan 13 dari 16 balapan. Pencapaian ini termasuk rekor 10 kemenangan berturut-turutnya yang berakhir di Singapura bulan lalu.


Baca juga: Liam Lawson akan kembali gantikan Daniel Ricciardo di GP Qatar
Baca juga: Verstappen berpeluang besar raih gelar juara dunia ketiga di GP Qatar
Baca juga: Alonso pastikan Aston Martin bawa pembaruan di GP Qatar


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023