Karena lokasi terbakar yang kemarin tidak terbakar, sehingga kami menyampaikan (lokasi kebakaran) termasuk baru
Semarang (ANTARA) - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang Semarang kembali mengalami kebakaran, Kamis, sekitar pukul 10.30 WIB di lokasi yang cukup berdekatan dengan lokasi kebakaran sebelumnya.

"Kebakaran tadi dilaporkan kurang lebih jam setengah 11. Dua armada meluncur terlebih dulu, disusul dua armada. Jadi, empat armada," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang Nurkholis di Semarang, Jawa Tengah, Kamis.

Api bisa dikendalikan petugas Damkar Kota Semarang sekitar pukul 13.00 WIB dengan total mengerahkan enam armada mobil pemadam kebakaran.

Untuk lokasi kebakaran ia menyebutkan berada di Zona 1 TPA Jatibarang dengan luasan lahan terbakar sekitar 1.000-1.500 meter persegi.

"Di lapangan itu belum pernah terbakar. Kemarin kan untuk sisi timur sama selatan. Ini tadi di pojok timur dan selatan," jelasnya.

Mengenai penyebab kebakaran, Nurcholis belum bisa menyimpulkan, tetapi diduga dipengaruhi cuaca panas terik yang belakangan ini menerpa Kota Semarang.

Baca juga: Kebakaran kembali terjadi di TPA Jatibarang Semarang

"Karena lokasi terbakar yang kemarin tidak terbakar, sehingga kami menyampaikan (lokasi kebakaran) termasuk baru," katanya.

Sementara itu Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan operasi tanggap darurat kebakaran TPA Jatibarang sudah ditutup beberapa hari lalu dengan kepulangan helikopter water bombing.

Namun diakuinya cuaca panas akhir-akhir ini juga mempengaruhi, termasuk di TPA Jatibarang yang tumpukan sampah di bawahnya ikut panas dan rawan terbakar.

Selama operasi tanggap darurat, Dinas Damkar dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang melakukan penyuntikan air ke dalam tumpukan sampah yang cukup efektif memadamkan bara api yang tersisa.

Untuk mengantisipasi kebakaran susulan, ia meminta penyuntikan dilakukan lagi ke dalam tumpukan sampah seiring dengan cuaca panas sekarang ini.

"Saya minta di-inject (disuntik) lagi. Jangan lengah. Titik-titik awal harus di-inject kembali," katanya.

Meski terjadi kebakaran lagi, ia mengatakan saat ini sudah teratasi dan aktivitas di TPA Jatibarang tetap berjalan sebagaimana biasanya.

Baca juga: Wali Kota Semarang: "Water Bombing" bersiaga selama dua hari

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023