Ini peluang besar untuk bisa mendongkrak potensi ekonomi kreatif, budaya, dan wisata di wilayah tersebut.
Bandung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) harus bisa memanfaatkan perpindahan penerbangan dari Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati per 29 Oktober 2023, untuk mendongkrak pariwisata.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar, perpindahan seluruh penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati menjadi harapan baru untuk napas pariwisata di kawasan tersebut, terlebih pada November 2023 akan ada kunjungan media internasional ke wilayah tersebut.

"Terlebih awal November nanti akan ada perjalanan wartawan dari mancanegara di kawasan Cirebon Raya, ini peluang besar untuk bisa mendongkrak potensi ekonomi kreatif, budaya, dan wisata di wilayah tersebut," kata Benny saat dihubungi di Bandung, Kamis.

Di samping itu, kata dia lagi, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin juga mengharapkan adanya acara-acara berkelanjutan tentang kebudayaan, sebagai promosi wisata kawasan Ciayumajakuning yang juga harus dimanfaatkan secara maksimal.

"Ini momentum untuk Cirebon. Perlu disikapi dan diantisipasi dengan baik, untuk industri kreatif, tentunya butuh support dari kota maupun wilayah lain di sekitar Kota Cirebon," kata Benny.

Benny mengungkap, sejauh ini persiapan dari pemerintah kota dan kabupaten di kawasan Ciayumajakuning terus dimatangkan, terutama terkait lokasi destinasi wisata, termasuk atraksi kebudayaan agar menjadi kesan positif di mata wisatawan.

"Ini menjadi tugas kita untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitar destinasi wisata bahwa harus menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman," ujarnya lagi.

Jabar sendiri, kata dia, tengah menyusun paket perjalanan wisata yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar, untuk meningkatkan ketertarikan calon wisatawan.

Dalam mengimplementasikan hal tersebut, kata dia lagi, dilakukan kolaborasi antara pemerintah dengan asosiasi dan industri pariwisata di Jabar, mengingat ada keunggulan wisata di wilayah utara Jawa Barat yang terkait wisata sejarah, budaya, kuliner, dan ekonomi kreatif lainnya.
Baca juga: Penerbangan dari Bandung pindah ke BIJB Kertajati mulai 29 Oktober
Baca juga: Pengelola: Rute penerbangan di Bandara Kertajati mulai bertambah

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023