Bendungan PU sedang direncanakan, semoga bisa segera dibangun untuk mengatasi persoalan kekeringan dan banjir di Jawa Barat
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggandeng Kementerian PUPR RI untuk pembangunan proyek bendungan sebagai upaya mengatasi kekeringan sekaligus pengendali banjir di daerah itu.

"Bendungan PU sedang direncanakan, semoga bisa segera dibangun untuk mengatasi persoalan kekeringan dan banjir di Jawa Barat," kata Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat kunjungan kerja ke Kabupaten Bekasi, Kamis.

Bey meminta Pemerintah Kabupaten Bekasi membangun banyak sumur resapan hingga embung yang menjadi salah satu solusi dalam menghadapi musim kemarau.

Baca juga: Polres Tasikmalaya distribusikan ribuan liter air untuk masyarakat 

"Selain itu bisa membangun sumur-sumur resapan, embung-embung guna meredam musim kemarau dan musim penghujan nanti," katanya.

Dirinya juga mengingatkan masyarakat untuk tidak terlena menyikapi bencana kekeringan dengan membiarkan lingkungan dalam kondisi tidak bersih mengingat setelah musim kemarau pasti tiba musim penghujan yang dapat berpotensi banjir.

"Sejumlah bantuan yang telah disalurkan merupakan bentuk perhatian dari seluruh stakeholder dan juga untuk memastikan masyarakat bisa pulih dari bencana kekeringan," ucapnya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan penanganan kekeringan secara garis besar dilakukan dengan fokus penyaluran bantuan air bersih bagi warga terdampak penggunaan domestik rumah tangga melalui armada truk tangki.

Baca juga: Polres Batang-PDAM salurkan air bersih warga terdampak kekeringan

Dengan didukung pendistribusian air secara masif yang disertai normalisasi sungai, pembuatan sumur satelit, pipanisasi, pompanisasi, hingga pembuatan long storage, dampak bencana kekeringan di Kabupaten Bekasi dapat diminimalisasi.

"Saat ini Kabupaten Bekasi sedang mengalami kekeringan sudah hampir dua bulan, setiap hari kita melakukan pendistribusian air bersih di desa-desa dan hingga hari ini sudah mencapai 5.599.700 liter air yang telah disalurkan bagi warga terdampak kekeringan," katanya.

Menurut dia sinergitas segenap unsur menjadi hal utama dalam penanganan bencana kekeringan, termasuk bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Persoalan yang sudah dipaparkan tadi dengan banyaknya arahan dari Pak Penjabat Gubernur Jawa Barat menjadi sebuah atensi kepada Kabupaten Bekasi untuk terus membantu warga," kata dia.

Baca juga: Pemkab OKU Selatan gelar Shalat Istisqa di Danau Ranau

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023