Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Kamis (5/10), mulai dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) disebut menyiapkan tim gabungan terkait penyidikan KPK hingga vokalis Zivilia, Zulkifli alias Zul, diperiksa Bareskrim Polri.

Berikut rangkuman berita hukum kemarin yang masih menarik untuk disimak.

1. Febri Diansyah: Mentan siapkan tim gabungan untuk penyidikan KPK

Kuasa Hukum Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) Febri Diansyah menyatakan Mentan menyiapkan tim gabungan untuk mendampingi dalam perkara hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta kami melakukan pendampingan hukum pada tingkat penyidikan," kata Febri Diansyah di Kantor DPP NasDem, Jakarta, Kamis dini hari.

Selengkapnya di sini.

2. Bareskrim periksa vokalis Zivilia soal jaringan narkoba Fredy Pratama

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kamis, memeriksa vokalis grup musik Zivilia bernama Zulkifli alias Zul terkait pengusutan jaringan narkoba internasional Fredy Pratama.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol. Mukti Juharsa di Jakarta, Kamis, membenarkan adanya pemeriksaan tersebut.

Selengkapnya di sini.

3. Kapolda minta maaf terkait intimidasi wartawan di Gorontalo

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Gorontalo Irjen Pol. Angesta Romano Yoyol menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya kepada seluruh wartawan di Provinsi Gorontalo, atas perilaku oknum perwira di jajarannya yang dinilai telah melakukan intimidasi.

Ia mengatakan di Gorontalo, Kamis jika dirinya merasa bersalah karena kurang mengawasi dan mengarahkan jajarannya sehingga insiden itu terjadi.

Selengkapnya di sini.

4. KPK tahan Wali Kota Bima Muhammad Lutfi terkait rekayasa lelang proyek

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini menahan Wali Kota Bima periode 2018-2023 Muhammad Lutfi (MLI) setelah yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa disertai penerimaan gratifikasi di lingkungan Pemerintah Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Selengkapnya di sini.

5. Paloh sebut NasDem upayakan politisasi hukum tak terjadi terkait SYL

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut pihaknya berupaya agar politisasi hukum tidak terjadi dalam penyidikan dugaan kasus korupsi terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang juga merupakan kader partai tersebut.

“Nah, soal masalah politisasi hukum, kita berupaya jangan sempat itu terjadi, kan itu semangat kita. Kalau pun itu sudah kita upayakan dan itu tetap terjadi, itu di luar daripada kemampuan kita,” katanya saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023