Jakarta (ANTARA) - Republik Federal Jerman melalui KfW Development Bank memberikan hibah sebesar lima juta euro (Rp82,5 miliar) untuk ASEAN Response Fund melalui sebuah perjanjian yang ditandatangani bersama Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

"Meskipun dampak pandemi besar sekali, untungnya di sebagian besar negara dampak itu sudah berlalu," kata Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN Ina Lepel, seraya menyatakan negara-negara ASEAN masih membutuhkan banyak bantuan.

Dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar di Jakarta, Jumat, Ina mengaku Jerman bisa turut membantu ASEAN.

Baca juga: Indonesia akan perluas dana COVID-19 jadi ASEAN Response Fund

Ina menjelaskan kontribusi Jerman untuk ASEAN Response Fund itu disalurkan untuk membiayai pasokan medis, peralatan diagnosa, pengobatan pasien dan perlengkapan keselamatan tenaga kesehatan.

Dana tersebut juga ditujukan untuk memperkuat kesiapsiagaan dan proyek penelitian terkait dengan metode pengobatan, vaksinasi dan  rencana serta implementasi pengendalian penyakit di seluruh kawasan.

Tujuan utama ASEAN Response Fund seandi adalah mendukung negara-negara anggota ASEAN dalam mendeteksi, mengendalikan dan  mencegah penularan COVID-19, penyakit yang baru bermunculan, serta keadaan darurat kesehatan masyarakat lainnya.

Dana tersebut juga digunakan untuk mendukung keselamatan para profesional  kesehatan dan garda terdepan.

Baca juga: Jokowi hargai kontribusi Jepang dalam ASEAN COVID-19 Response Fund



 

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023