Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan Sulawesi Utara (Sulut) dan sekitarnya.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi 1,25 meter hingga 2,5 meter sampai tanggal 8 Oktober 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung Ricky D Aror di Manado, Sulut, Jumat.

Pada umumnya, menurut dia, angin bertiup dari arah tenggara-barat daya dengan kecepatan antara delapan knot hingga 20 knot.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi dua meter di selatan Kalteng

"Gelombang tinggi diperkirakan terjadi di perairan timur Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), perairan timur Bitung=Likupang, perairan selatan Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Laut Maluku bagian utara," katanya.

Dia meminta warga agar memperhatikan peringatan dini gelombang tinggi di wilayah-wilayah perairan yang dapat membahayakan keselamatan selama beraktivitas di laut.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat pesisir waspada gelombang tinggi di akhir pekan

Dia juga meminta warga agar memperhatikan risiko gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Untuk perahu nelayan perlu memperhatikan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang perlu memperhatikan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, kapal feri perlu memperhatikan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Baca juga: BMKG imbau waspadai gelombang tinggi dalam dua hari ke depan

"Untuk kapal kategori besar perlu memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter," katanya.
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023