Karena itu setiap daerah harus mengembangkan sektor UKM masing-masing melalui peran kepala daerah,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengembangan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dinilai sangat penting karena dapat meningkatkan potensi daerah yang berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

"Karena itu setiap daerah harus mengembangkan sektor UKM masing-masing melalui peran kepala daerah," kata anggota Ketua Komisi Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Intan Fitriana Fauzi di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, selama ini banyak kepala daerah yang belum mengetahui apa saja potensi yang dimiliki daerahnya.

Aktivitas UKM, tambah dia, berbasis di daerah sehingga perlu didorong langsung oleh pemerintah daerah.

Pemerintah daerah dapat mengembangkan UKM melalui berbagai hal. Di antaranya membuat peraturan daerah untuk memberdayakan UKM sebagai usaha yang tangguh dan mandiri dan membuat kebijakan pendanaan dalam rangka membantu UKM untuk tumbuh lebih pesat.

"Selain itu memberikan akses kepada pelaku UKM untuk memasarkan produk usahanya," katanya.

Kendala UKM selain permodalan, juga kualitas produksi, kata dia, karena itu pelaku UKM perlu lebih dibina melalui pelatihan aktif agar lebih berkembang.

Dia menjelaskan, pengembangan UKM akan kompetitif jika ditopang infrastruktur yang menunjang.

Hal tersebut agar pelaku UKM yang umumnya berada di lokasi yang jauh dari pusat kota tidak akan menghadapi kesulitan pemasaran hasil produksi.

"Potensi daerah untuk mengembangkan perekonomian sangat penting untuk itu perlu peran signifikan kepala daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.
(W004/Z002)

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013