Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan Nasional Judo Kasad Cup XIV 2023 dalam rangka merayakan HUT 78 TNI resmi dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Darat Dudung Abdurachman di Jakarta, Sabtu.

“Dengan mengangkat tema kejuaraan ini yaitu 'Judo Bangkit, Prestasi Olahraga Maju' saya berharap kejuaraan ini dapat meningkatkan prestasi olahraga judo sekaligus menjadi ajang pembinaan yang berkesinambungan dan dapat menjadi tolak ukur pembinaan olahraga judo di tanah air,” kata Dudung pada pembukaan Kejurnas Judo tersebut di Hall Basket Senayan.

Dudung mengatakan Kejurnas ini diharapkan dapat menjadi ajang seleksi pejudo berprestasi untuk mengikuti program pelatnas (pemusatan latihan nasional) untuk persiapan menghadapi event regional maupun internasional.

Melalui Kejurnas ini pula para pejudo tingkat daerah dapat mengumpulkan nilai atau poin guna persiapan menuju PON 21 tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

“Semoga kejuaraan ini mampu melahirkan atlet-atlet berbakat yang handal dan bertalenta sehingga mampu berkiprah di event yang tinggi serta membuat harum nama bangsa dan negara,” ujar Dudung.

Kejuaraan Nasional Judo Kasad Cup XIV 2023 diikuti oleh 419 peserta umum dari berbagai provinsi, mulai dari Aceh hingga Papua. Kemudian kejuaraan itu juga diikuti oleh 213 peserta dari TNI/Polri.

Judo Kasad Cup tahun ini juga dibagi menjadi dua kategori yakni kategori senior khusus TNI Polri dan kategori umum yang terdiri dari kelompok kadet, junior, senior. Kejuaraan ini akan berlangsung selama empat hari terhitung mulai hari ini hingga 12 Oktober.


Baca juga: Perunggu judo lepas dari tangan Maryam Maharani
Baca juga: Ketum PJSI sematkan sabuk hitam judo kepada Kapolri Listyo Sigit 
Baca juga: Wasit Judo Indonesia bangga dengan perjuangan atlet judo di APG 2023


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023