Jakarta (ANTARA) - DKI Jakarta mendominasi kelompok putri pada hari pertama Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kasad Cup XIV 2023 yang berlangsung di Hall Basket Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu.

Dari delapan kelas kategori putri yang dipertandingkan, DKI Jakarta meraih kemenangan di enam nomor, yakni kelas -40 kg atas nama Layzenri Jazzy Raocta , kelas -44 kg (Nabila Zivana Prizhie), kelas -48 kg (Nuraini Salimar), kelas -52 kg (Rasya Adhiela Shabira), kelas -57 kg (Sashenka Cahaya Fatimah), dan kelas +70 kg (Rameyza Alya Romauli). 

Dua kelas kategori putri yang lolos dari dominasi DKI Jakarta adalah kelas -63 kg yang dimenangi Septiana Putri dari Banten serta kelas -70 kg yang dimenangi Najwa Ufaira dari Sulawesi Tengah.

Pejudo asal Banten Septiana Putri dari Banten mengaku sangat senang bisa menjadi salah satu pemenang di tengah dominasi atlet-atlet judo tuan rumah DKI Jskarta.

Septiana Putri mengaku sempat merasa grogi saat menjalani pertandingan, tapi ia berusaha mengatasinya dan akhirnya usahanya berlatih sejak minggu lalu berbuah manis dengan memboyong medali emas.

“Kesulitannya tadi nervous saja pas pertandingan. Tapi senang akhirnya bisa menang. Sudah latihan keras juga dari minggu lalu,” kata Septiana.

Keberhasilan Septiana juga diikuti rekan sedaerahnya di kelompok putra, yakni Banyubiru Wicaksono yang tampil menjadi pemenang di kelas  -50 kg.

Atas pencapaiannya tersebut, Banyu pun mengaku bahagia dan tidak menyangka bisa menyabet juara satu dari kelas -50 kg.

“Bahagia banget hari ini bisa menang. Sesuai harapan, karena latihan yang dijalani sebelumnya juga cukup keras,” kata Bayu saat dijumpai di Hall Basket Senayan.

Berbeda dengan kategori putri yang didominasi DKI Jakarta,  di kategori putra para pemenang terbagi ke beberapa daerah.

DI elompok putra kelas -55 kg  dijuarai oleh Rezqy Dafa Kana dari Jawa Tengah, kelas -60 kg dijuarai Agung Wiguna Al Farizi dari Banten, kelas -66 kg dijuarai Jose Ferhandes dari Lampung, kelas -73 kg dijuarai I Kadek Dwi Suta Winaya dari Bali, kelas -81 kg dijuarai Judha Pratama Ali dari Jawa Tengah, kelas -90 kg dijuarai Inoue Al Aqsha dari Sumatera Utara dan kelas +90 kg dijuarai Kevin Rafi Ramdhan dari Jawa Tengah.

Kejurnas yang digelar TNI Angkatan Darat (AD) bersama Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia  (PJSI) tersebut akan kembali digelar hingga 10 Oktober.

Kejurnas tersebut diharapkan dapat menjadi ajang seleksi pejudo-pejudo berprestasi yang dapat diproyeksikan mengikuti program Pelatnas (Pemutusan Latihan Nasional) untuk persiapan menghadapi event-event regional maupun internasional.

Baca juga: Kejurnas Judo Kasad Cup XIV 2023 resmi digelar
Baca juga: Ketum PJSI sematkan sabuk hitam judo kepada Kapolri Listyo Sigit 
Baca juga: Wasit Judo Indonesia bangga dengan perjuangan atlet judo di APG 2023


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023