Cirebon (ANTARA) -
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengapresiasi pelaksanaan Festival Layang-layang Internasional 2023 di Desa Mundu Pesisir, Cirebon karena sudah mengenalkan dan mengangkat pariwisata pesisir di daerah tersebut.
 
"Dengan adanya ajang Festival Layang-layang Internasional ini paling tidak bisa mengangkat potensi Desa Mundu Pesisir. Kami mengapresiasi karena kami ingin mengangkat potensi di sini, dengan ajang strategis seperti festival ini," kata Sekretaris DPMD Provinsi Jabar Pupun Saefunudin di Cirebon, Sabtu.
 
Ia mengatakan Desa Mundu Pesisir sudah sejak lama dikenal sebagai destinasi wisata di Pesisir Cirebon karena memiliki fasilitas dan sarana penunjang yang cukup untuk mendatangkan turis.
 
Dari peninjauan secara langsung, Pupun melihat penataan di kawasan tersebut sudah sangat rapi dan ditambah dengan keberadaan hutan mangrove yang cukup luas.

Baca juga: Mundu Pesisir Cirebon jadi tuan rumah Festival Layangan Internasional
 
"Saya lihat potensi wisata Mundu ini luar biasa. Muara yang bisa akses ke laut, punya wisata mangrove sudah cukup bagus di Jawa Barat," jelasnya.
 
Menurut dia, adanya ajang Festival Layang-layang Internasional di desa itu menjadi sarana tambahan untuk mempromosikan wisata pesisir Cirebon kepada turis domestik maupun wisatawan mancanegara.
 
Di samping itu, festival tersebut telah mendatangkan keuntungan bagi pelaku UMKM setempat. "Sekalipun hanya dua hari bisa mengangkat UMKM di desa ini, karena saya lihat hari pertama saja sudah ramai," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Pupun menjelaskan pengembangan desa di sektor pariwisata telah menjadi tanggung jawab DPMD Provinsi Jabar.
 
Oleh karenanya setiap tahun dana sebesar Rp130 juta digelontorkan untuk mengembangkan potensi desa yang ada di Jabar.

 
 
"Kalau untuk pemberdayaan masyarakat desa, dari kami dalam hal ini Pj Gubernur kita sudah punya slot masing-masing Rp130 juta per tahun. Di situ ada beberapa alokasi untuk pembangunan desa, termasuk pemberdayaannya," jelasnya.
 
Ia merasa yakin dengan hadirnya ajang bertaraf internasional itu, sektor pariwisata Mundu yang sedang giat membangun bisa mendatangkan pendapatan baik untuk pemerintah setempat maupun masyarakat.
 
"Saya dapat informasi di wilayah ini akan dibangun galangan kapal untuk perbaikan. Ini bisa menjadi lebih keren," ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023