Hulu itu pemainnya kalau bisa pemerintah...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat berharap PT Pertamina (Persero) masuk ke industri hulu migas

"Pertamina disuruh masuk di situ (industri hulu migas) jadi bersama Chandra Asri dan Honam itu bisa memperkuat upstreamnya," kata Hidayat di sela-sela Raker Kemenperin dengan Pemda tahun 2013, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, industri hulu sebaiknya tidak hanya dikuasai PT Chandra Asri Petrokimia (CAP). Pasalnya di negara lain, industri hulu dikuasai oleh pemerintah melalui BUMN.

"Hulu itu pemainnya kalau bisa pemerintah," katanya.

Hal tersebut penting, menurut dia, karena industri hulu memiliki peran yang strategis sehingga seharusnya dikontrol oleh negara, sedangkan industri hilir diarahkan untuk dimiliki swasta.

Dia menambahkan sektor hulu tidak bisa dikembangkan pihak swasta karena menurut dia, hal itu kurang menguntungkan dalam jangka pendek.

Sebelumnya, perusahaan petrokimia Jepang PT Asahimas Chemical meminta pemerintah untuk memacu pertumbuhan industri hulu untuk mencukupi kebutuhan bahan baku dalam negeri.

Saat ini, Asahimas berencana melakukan investasi senilai 400 juta dolar AS untuk meningkatkan kapasitas produksi.

"Investasi 300 juta - 400 juta dolar AS untuk ekspansi pabrik," kata Direktur PT Asahimas Chemical, Eddy Sutanto.

Dia mengatakan realisasi penambahan kapasitas pabrik dilakukan untuk produksi kaustik soda dan polyvinyl chloride (PVC).

Rencana penambahan kapasitas produksi tersebut dilakukan dengan melakukan perluasan pabrik yang telah ada di Cilegon, Jawa Barat.

Dengan penambahan kapasitas produksi, pihaknya menargetkan peningkatan produksi kaustik soda dan PVC dari 500 ribu ton dan 250 ribu ton menjadi 700 dan 600 ribu ton. 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013