Sail Teluk Cenderawasih 2023 ini menurut saya simbol eksistensi pariwisata di Papua, dan Kabupaten Biak Numfor jadi pelopornya
Jakarta (ANTARA) - Musisi Nowela Mikhelia atau yang dikenal dengan Nowela Idol menyebut gelaran Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 merupakan simbol eksistensi kepariwisataan di Papua.

“Sail Teluk Cenderawasih 2023 ini menurut saya simbol eksistensi pariwisata di Papua, dan Kabupaten Biak Numfor jadi pelopornya,” kata Nowela di Jakarta, Minggu.

Pernyataan tersebut disampaikan Nowela Idol saat menjadi pengisi panggung hiburan acara promosi Sail Teluk Cenderawasih 2023, di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Penyanyi berdarah Wamena itu mengaku bangga atas diselenggarakannya event Sail Teluk Cenderawasih karena dapat memperkenalkan kepada publik bahwa ada banyak sekali destinasi wisata di tanah Papua yang belum terjamah.

Nowela mengatakan, sebagian besar orang yang ia temui hanya mengenal Kepulauan Raja Ampat dan Cartenz Pyramit sebagai destinasi pariwisata berbasis alam di Papua. Padahal juga ada seperti Kabupaten Biak Numfor yang memiliki destinasi wisata dengan kecantikan alam luar biasa; Catalina, Barracuda diving poin, Air terjun Wafsarak dengan ketinggian 200 meter dan Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

“Tidak banyak orang tahu banyak surga terpendam di Biak, jadi event ini adalah kesempatan anda-anda untuk mengunjunginya Biak, Papua,”kata dia.

Sail Teluk Cenderawasih 2023 digelar di Kabupaten Biak Numfor, Papua pada 1-7 November 2023 atas inisiasi kerjasama antara Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Badan Pengarah Papua dan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintah dan Wawasan Kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden, Velix Vernando Wanggai mengatakan Sail Teluk Cenderawasih merupakan program strategis nasional bidang kepariwisataan Papua serta menjaga kedaulatan kemaritiman Indonesia di kawasan Pasifik.

Dalam event tersebut diselenggarakan berbagai kegiatan kemaritiman, ekspor ikan pameran UMKM, pentas seni budaya, pasar kuliner serta ragam hiburan lainnya.

"Kalau penasaran makanya ayo datang dan ramaikan Sail Teluk Cenderawasih," ujarnya.

Baca juga: STC disebut momentum kebangkitan maritim Indonesia Timur
Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan buka Sail Teluk Cenderawasih 2023

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023