Angin kencang menyebabkan atap gedung asrama putri MTS Negeri Kota Batu dengan dimensi 15 meter dan lebar lima meter terbang
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melaporkan peristiwa angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, pada Minggu (8/10) menyebabkan sejumlah kerusakan di wilayah tersebut.

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu di Kota Batu, mengatakan peristiwa angin kencang yang terjadi di Jalan Pronoyudo, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, menyebabkan atap Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri Kota Batu mengalami kerusakan.

"Angin kencang menyebabkan atap gedung asrama putri MTS Negeri Kota Batu dengan dimensi 15 meter dan lebar lima meter terbang," kata Agung.

Agung menjelaskan atap berukuran besar tersebut kemudian menimpa atap garasi rumah dinas milik sekolah dan menyebabkan kerusakan dengan dimensi panjang tiga meter dan lebar dua meter. Peristiwa tersebut terjadi kurang lebih pukul 12.40 WIB.

Selain menyebabkan kerusakan itu, kata dia, peristiwa tersebut juga mengakibatkan kabel milik PT Telkom dan kabel Penerangan Jalan Umum (PJU) terputus. BPBD Kota Batu segera melakukan pembersihan di lokasi kejadian.

Baca juga: Sejumlah rumah rusak akibat dilanda angin kencang di kota Batu

"Kemudian juga terjadi peristiwa pohon tumbang di kawasan Alun-Alun Kota Batu. Pohon ceri dengan tinggi sepuluh meter dan diameter 25 sentimeter tumbang menimpa sejumlah kendaraan yang sedang parkir," katanya.

Kemudian pada kurang lebih pukul 16.00 WIB, lanjutnya, angin kencang juga mengakibatkan pohon ceri dengan diameter 25 sentimeter dan tinggi lima meter tumbang di Jalan Trunojoyo, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, mengakibatkan arus lalu lintas terganggu.

"Pohon tumbang tersebut mengakibatkan separuh jalan tertutup dan mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Dengan adanya potensi bencana angin kencang di wilayah tersebut, BPBD Kota Batu mengimbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati pada saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Baca juga: BPBD Kota Batu: Penanganan banjir perlu rekonstruksi sistem drainase
Baca juga: BPBD Kota Batu petakan daerah rawan bencana jelang musim hujan


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023