Sebanyak 450 prajurit terbaik Yonif 621/Manuntung telah kembali dan berhasil melaksanakan operasi Pamtas Darat RI-Malaysia dengan banyak prestasi
Banjarmasin (ANTARA) - Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto mengapresiasi keberhasilan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Darat RI-Malaysia dari Yonif 621/Manuntung yang telah banyak menorehkan prestasi hingga berhasil menuntaskan tugas selama 13 bulan untuk kembali ke kesatuan.

"Sebanyak 450 prajurit terbaik Yonif 621/Manuntung telah kembali dan berhasil melaksanakan operasi Pamtas Darat RI-Malaysia dengan banyak prestasi," kata dia di Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: TNI-Polri-BC Jayapura tangkap penyelundup ganja di perbatasan RI-PNG

Ari menyebut para prajurit telah berhasil mengemban tugas negara dengan baik serta mampu mengharumkan nama negara, TNI AD, Kodam VI/Mulawarman maupun Korem 101/Antasari dan membuat bangga seluruh masyarakat Kalimantan Selatan.

Selama Yonif 621 Manuntung bertugas di Kalimantan Utara, kata dia, stabilitas keamanan sangat terjaga kondusif terutama wilayah perbatasan dengan Malaysia.

Sejumlah aksi ilegal pun berhasil digagalkan dan diungkap oleh Satgas Pamtas yang dipimpin Letkol Inf Deny Ahdiani Amir.

Baca juga: RI dan Australia lakukan survei dasar laut di perbatasan Laut Timor

Di antara kasus yang menonjol antara lain pengungkapan penyelundupan narkoba dalam jumlah besar.

Salah satunya mengungkap penyelundupan 20,8 kilogram narkotika jenis sabu-sabu di Desa Labang, Kecamatan Lumbis Pansiangan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Kemudian mengamankan 35 karung pakaian bekas impor ilegal dari Malaysia di Desa Bambangan, Kabupaten Nunukan.

Selain mengungkap tindak pidana, Satgas Pamtas juga kerap hadir untuk membantu masyarakat dan menyukseskan program pemerintah seperti memperkuat ketahanan pangan dengan melakukan pendampingan petani cara merawat dan memanen jagung di Desa Tabur Lestari, Kecamatan Seimanggaris, Kabupaten Nunukan.

Baca juga: Komisi IV DPR sarankan KKP berikan perhatian pada wilayah perbatasan

Pewarta: Firman
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023