Ini merupakan salah satu bentuk dukungan TNI/Polri terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan, khususnya pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19
Banyuwangi (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebutkan Banyuwangi menjadi inspirasi untuk mengembangkan wisata olahraga atau sport tourism karena di daerah ini banyak diselenggarakan event-event olahraga sekaligus mempromosikan objek wisata setempat.

"Luar biasa semarak Tour of Kemala. Terima kasih seluruh atlet. Terima kasih Banyuwangi, inspirasi dalam mengembangkan sport tourism, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," kata Kapolri saat melepas para pembalap peserta  Tour of Kemala 2023 di Pantai Marina Boom Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu.

Baca juga: 400 pesepeda meriahkan hari pertama Tour of Kemala Banyuwangi

Kapolri juga mengapresiasi penyelenggaraan Tour of Kemala 2023 di Banyuwangi yang tidak hanya menjadi ajang olahraga sepeda, tetapi juga mempromosikan potensi pariwisata dan UMKM.

Sigit juga berharap acara ini dapat meningkatkan sinergitas antara TNI/Polri dan masyarakat, serta menjadi contoh bagi daerah lain untuk mengembangkan wisata olahraga.

Selain menyuguhkan aksi balap sepeda yang menantang dan menarik, Tour of Kemala 2023 juga melibatkan ratusan UMKM di sekitar lokasi acara, dan ada sekitar 180 booth stand UMKM yang disiapkan oleh panitia untuk memeriahkan acara ini.

Para pelaku UMKM ini menawarkan berbagai macam produk, mulai dari makanan, minuman, kerajinan, fesyen, hingga suvenir khas Banyuwangi.

"Ini merupakan salah satu bentuk dukungan TNI/Polri terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan, khususnya pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19," ujar Kapolri.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam agenda Tour of Kemala 2023.

Baca juga: Ribuan pesepeda bakal meriahkan Tour of Kemala Banyuwangi

Ipuk berharap acara ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai olahraga dan menjaga kesehatan, serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.

"Kami sangat bangga dan senang bisa menjadi tuan rumah Tour of Kemala 2023. Ini adalah sebuah kehormatan bagi kami untuk menyambut para peserta dari berbagai daerah dan negara. Terima kasih kepada Bapak Kapolri dan Ibu Ketua Umum Bhayangkari, semoga acara ini dapat memberikan pengalaman berkesan dan bermanfaat bagi semua peserta, serta mempromosikan Banyuwangi sebagai destinasi wisata olahraga yang menarik dan berkualitas," ujar Ipuk.

Tour of Kemala 2023 ajang balap sepeda nasional yang digelar di Banyuwangi dan diselenggarakan oleh Kemala Bhayangkari dan PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), 7-8 Oktober 2023 berjalan dengan sukses dan meriah.

Total 1.400 hadir, dan ribuan kru serta pendamping lainnya. Sejumlah selebritas pehobi sepeda juga ikut berlaga, mulai Luna Maya hingga Nirina Zubir.

Para pembalap melewati beberapa lokasi wisata dan tempat-tempat ikonik di Banyuwangi seperti, Taman Sritanjung, Simpang Lima, Desa Adat Wisata Osing Kemiren, hingga Bandara Banyuwangi yang merupakan bangunan berarsitektur terbaik dunia dalam ajang Aga Khan Award 2022.

Turut hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Ketua Umum Bhayangkari Juliati Listyo Sigit Prabowo, Asrena Kapolri Irjen Wahyu Hadiningrat, Kapolda Jawa Timur Irjen Toni Harmanto, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid.

Baca juga: Atlet balap sepeda Uzbekistan diskors dari Asian Games Hangzhou

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023