Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa ekonomi telah diberitakan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (8/10/023) kemarin, mulai dari Archipelagic and Island States (AIS) Forum yang mendukung negara kepulauan untuk menerbitkan obligasi biru hingga Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno yang menilai penutupan TikTok Shop akan mampu melindungi UMKM lokal.

Berikut rangkuman berita ekonomi kemarin yang layak disimak pada Senin pagi ini.

1. AIS Forum dukung negara kepulauan terbitkan obligasi biru

Archipelagic and Island States (AIS) Forum siap mendukung negara-negara pulau dan kepulauan menerbitkan surat obligasi biru (sovereign blue bond), di mana hal itu sebagai salah satu bentuk komitmen memajukan sektor ekonomi biru.

Selengkapnya di sini

2. Diversifikasi pasar sawit kurangi imbas UU Deforestasi Uni Eropa

Pakar Hukum Bisnis dan Perdagangan Internasional Universitas Tarumanegara Ariawan Gunadi menyarankan pemerintah melakukan diversifikasi pasar kelapa sawit untuk mengurangi dampak Undang-Undang Deforestasi Uni Eropa.

Selengkapnya di sini

3. Pemerintah sebut KEK telah catatkan nilai investasi Rp140 triliun

Pemerintah mengungkapkan bahwa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) secara kumulatif hingga 2023 telah mencatatkan nilai investasi sebesar Rp140 triliun serta menyerap 86.273 tenaga kerja dari 318 pelaku usaha.
Selengkapnya di sini
4. Ekonom nilai produk impor tetap dominan meski TikTok Shop tutup

Direktur Ekonomi Digital Celios Nailul Huda mengatakan pelarangan dan penutupan operasional platform TikTok Shop berdampak terhadap bisnis niaga elektronik lain yang menjual barang murah impor dan membuat produk impor tetap dominan.

Selengkapnya di sini

5. Menparekraf: Penutupan TikTok Shop lindungi produk UMKM Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menilai kebijakan pemerintah yang menutup fitur lokapasar pada platform TikTok Shop sebagai cara melindungi produk Indonesia dan menciptakan persaingan yang sehat.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023