Rute penerbangan Muara Wahau serta wilayah pedalaman Kutai Timur dan sekitarnya dengan menggunakan bandara perintis Miau Kecamatan Kongbeng yang akan dimulai Juni 2013, sudah mendapat persetujuan Menteri Perhubungan RI melalui Dirjen Kementerian Perh
Sangatta (ANTARA News) - Bupati Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan layanan penerbangan perdana dengan rute Samarinda-Muara Wahau yang meliputi wilayah pedalaman Kutai Timur dengan pesawat Aviastar DRG-6 akan mulai beroperasi pada Juni 2013.

"Rute penerbangan Muara Wahau serta wilayah pedalaman Kutai Timur dan sekitarnya dengan menggunakan bandara perintis Miau Kecamatan Kongbeng yang akan dimulai Juni 2013, sudah mendapat persetujuan Menteri Perhubungan RI melalui Dirjen Kementerian Perhubungan (Dirjen Kemenhub) RI," kata Isran Noor melalui Asisten Kesejahteraan Rakyat Drs H Mugeni, didampingi Kepala Bagian Humas Syahbuddin di ruang kerjanya, Kamis.

Menurut Mugeni, rute Samarinda-Muara Wahau Kutai Timur melalui Bandara Temindung Samarinda, berdasarkan SKEP Dirjen Kemenhub RI No. Kp 411/2012 tanggal 8 November 2012 tentang rute Sangatta-Balikpapan, dan rute Samarinda-Muara Wahau.

Sesuai kontrak 0485/AU.001/TMD/2013 tanggal 12 April 2013, dan Aviastar DRG-6 18 seat dan 14 pax penerbangan Sangatta-Balikpapan 2 kali sepekan atau 84 kali setahun, dan Samarinda-Muara Wahau satu kali, atau 42 kali setahun.

Dikatakannya, selain rute Samarinda-Muara Wahau menggunakan pesawat Aviastar melalui Bandara Temindung Samarinda, dalam kontrak tersebut juga terdapat pembukaan rute bandara Sepinggan Balikpapan dengan Bandara Tanjungbara milik PT Kaltim Prima Coal (KPC) dengan jenis pesawat Cassa.

Menurut Mugeni, Kutai Timur dengan pihak PT Kaltim Prima Coal, sudah melakukan penanda tanganan kerjasama memorandum of understanding (MoU) tentang penerbangan Sangatta-Balikpapan.

Dikatakannya, SK bupati juga sudah terbit untuk mengatur besaran tarif untuk rute, Balikpapan, Samarinda, Sangatta dan Muara Wahau. Yakni Sangatta- Balikpapan Rp 295.400/seat utk orang dewasa.

Temindung Samarinda-Muara Wahau tarifnya Rp 275.600 per orang dewasa. Untuk anak-anak tarifnya 50 persen kurang dari tarif orang dewasa.

Jadwal penerbangan dari Balikpapan ke Sangatta tiap Selasa pukul 11.00 Wita, dan tiap Jumat pukul 11.50 Wita menumpangi MV 7840. Penerbangan dari Sangatta ke Balikpapan Selasa pukul 12.30 Wita, dan Jumat pukul 13.00 Wita.

Samarinda ke Muara Wahau MV 7841 3,6 tiap Rabu pukul 13.05 Wita, dan tiap Sabtu pukul 13.50 Wita. Dari bandara Muara Wahau ke Temindung Samarinda pukul 14.05 Wita dan tiap Sabtu pukul 14.50 Wita.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kutim berkeinginan segera membuka keterisolasian udara Kutim dengan membangun dua bandara yakni Bandara Sangkima, yang juga bekas bandara khusus Pertamina serta Bandara Miau Baru di Kombeng.

Namun jika sesuai rencana, kedua bandara ini baru direalisasikan 2014. (KR-ADI/A041)

Pewarta: Adi Sagaria
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013