Pengumuman sengaja dilakukan pada sore hari itu guna menghindari konvoi kendaraan para siswa...
Bukittinggi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, mengumumkan hasil ujian nasional tingkat SMA dan sederajat melalui internet.

"Hasil ujian nasional dapat dilihat di web sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi Ellia Makmur didampingi Kepala Bidang SMP dan SMA Asmara di Bukittiggi, Jumat.

Ia menyebutkan, pengumuman melalui internet bertujuan untuk menghindari konvoi kendaraan para siswa dan mencegah aksi yang dapat merugikan orang lain, serta mempermudah siswa dalam mendapatkan informasi kelulusan.

Dia menyebutkan, pengumuman hasil ujian nasional melalui internet tersebut akan dilakukan pada Jumat sore sekitar pukul 16.00 WIB.

"Pengumuman sengaja dilakukan pada sore hari itu guna menghindari konvoi kendaraan para siswa dan mencegah aksi anarkis lainnya," kata dia.

Dia mengatakan, jika pengumuman dilakukan sore hari, maka waktu bagi siswa untuk melakukan konvoi kendaraan akan semakin sedikit, karena setelah diumumkan hari sudah mulai senja.

Pengalaman yang pernah terjadi, setelah pengumuman hasil ujian nasional para siswa kebanyakkan melakukan aksi konvoi kendaraan serta coret-coret baju seragam sekolah sehingga mengganggu atau merugikan orang lain. Akibat konvoi kendaraan yang mereka lakukan menyebabkan kemacetan.

"Belajar dari pengalaman tersebut, maka sekolah diminta untuk tidak mengumumkan hasil ujian nasional di sekolah," kata dia.

Pewarta: Hamriadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013