Kami sedang berusaha (koordinasi) dengan KCIC dan besok kami akan bertemu dengan (BIJB) Kertajati
Bandung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berkoordinasi lintas sektor untuk menciptakan konektivitas Stadion Si Jalak Harupat dengan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dan penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, guna mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

"Kami Pemprov Jabar mendukung pelaksanaan (Piala Dunia) U-17. Kami sedang berusaha (koordinasi) dengan KCIC dan besok kami akan bertemu dengan (BIJB) Kertajati," kata Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin usai inspeksi ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin.

Untuk kereta cepat, pihaknya terus berkoordinasi dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk membuat skema perjalanan sesuai jadwal kereta dan menyediakan angkutan pengumpan (feeder) untuk mengakomodir pendukung tim dalam Piala Dunia U-17.

"Jadi kami support dan kami upayakan promosi-promosi, juga dukungan lainnya kalau diperlukan," ucap Bey.

Ketua PSSI Erick Thohir mengatakan PSSI juga telah berkomunikasi dengan PT KCIC yang hasilnya berupa tiket bundling bagi penonton serta ada jam tambahan operasional Kereta Cepat Whoosh.

"Nanti ada jam tambahan yang tadinya pagi dan sore, khusus tanggal 10-24 November ada jam 14.00 WIB dan 22.30 WIB ketika mereka (supporter) kembali pulang," kata Erick Thohir.

Baca juga: Erick : Persiapan Piala Dunia U-17 di Stadion SJH rampung 100 persen

Sementara untuk konektivitas dengan transportasi penerbangan, Bey Machmudin mengatakan pihaknya akan segera bertemu pengelola BIJB Kertajati serta kepala daerah di kawasan Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning) untuk mendukung konektivitas bandara dengan Stadion Si Jalak Harupat yang terletak di Kabupaten Bandung.

"Kami akan bertemu (Pengelola BIJP) Kertajati besok. Kemudian kami akan bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) tersebut untuk membuat shuttle atau feeder, terlebih akses ke sini sudah mudah (lewat) ke Cisumdawu," ucap Bey.

Terkait dengan kesiapan untuk Piala Dunia U-17, Bey mengatakan Jabar telah siap menjadi lokasi pertandingan dua grup atau delapan tim dalam turnamen tersebut, termasuk lapangan latihan yang semuanya hampir siap.

"Kami siapkan juga lima lapangan latihan yakni Lapangan Arcamanik, ITB, Unpad, Sidolig dan IPDN semua sudah siap. (Yang) tinggal finishing di Arcamanik," ucap Bey. 

Piala Dunia U-17 dijadwalkan berlangsung pada periode 10 November - 2 Desember 2023 dan Stadion Si Jalak Harupat dijadwalkan menggelar pertandingan dari Grup C, Grup D, Grup E, dan Grup F, serta pertandingan babak 16 besar, sejak 11 November 2023.

Baca juga: Pemkab Bandung siapkan “shuttle bus” selama Piala Dunia U-17
Baca juga: Gubernur Jabar: Stadion Si Jalak Harupat siap untuk FWC U-17

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023