Kabupaten Bandung (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Besar Bandung menyebut selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di kawasan Stadion Si Jalak Harupat (SJH) Bandung berlangsung kondusif termasuk dari sisi keamanannya.

“Dari mulai hari pertama sampai dengan hari terakhir, tidak ada tindak pidana, tidak ada kejadian kriminalitas termasuk dari situasi kendaraan lalu lintas juga lancar. Sampai dengan hari terakhir, keamanan dapat kita jaga,” kata Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Menurut Kusworo, dalam menciptakan keamanan pada penyelenggaraan Piala Dunia U-17, Polresta Bandung telah melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi Aman Bacuya (Badak Cula Cahaya) 2023.

Operasi Aman Bacuya (Badak Cula Cahaya) 2023 melibatkan sebanyak 2.855 personel dengan melakukan pengamanan perhelatan selama kegiatan itu berlangsung dengan aman dan kondusif.

“Kami sedikit berbangga dan jadi punya pengalaman baru dan tentunya kami senang bisa bermanfaat membawa harum nama Indonesia bisa memberikan pengamanan pertandingan seperti yang telah kami lakukan selama 14 hari ini,” kata dia.

Dia menambahkan terkait penjemputan pemain dan wasit dari hotel ke tempat latihan maupun lapangan pertandingan tidak mendapatkan kendala selama pelaksanaan Piala Dunia U-17 berlangsung.

"Tidak ada terjadi insiden yang mengganggu jalannya turnamen, menciptakan atmosfer positif bagi para peserta dan penonton," katanya.

Lebih lanjut, Kusworo memberikan apresiasi terhadap para penonton yang sudah berlaku tertib selama gelaran tersebut berlangsung karena telah bisa tertib dengan tidak membawa barang-barang terlarang ke stadion.

“Semua penonton kooperatif sehingga bisa berkolaborasi bersama dan bisa kita saksikan bersama bahwa pertandingannya bisa aman dan nyaman serta tertib,” kata Kusworo.

Selain itu, kata dia, pihaknya telah melaksanakan tugas secara humanis dengan memberikan bunga, air mineral dan permen kepada para penonton usai laga berlangsung.

“Setelah selesainya pertandingan kami khususnya polwan-polwan Polresta Bandung memberikan bunga mawar, air mineral serta memberikan senyum yang termanis demi suasana yang nyaman kepada para penonton,” katanya.

Baca juga: Bandung jamin keamanan Piala Dunia U-17 di Stadion Si Jalak Harupat
Baca juga: 10.000 tiket terjual pada laga pembuka Piala Dunia U-17 di Bandung


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023