Garut (ANTARA) - Bupati Garut Rudy Gunawan menawarkan kepada pihak swasta untuk mengelola secara profesional kawasan wisata Leuwi Kanjeng Dalem di daerah aliran Sungai Cisanggiri, Desa Cikondang, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, karena memiliki daya tarik tersendiri yang mampu mengundang wisatawan untuk menikmati keindahan alam.

"Harus swasta itu, kalau pemerintah emang enggak mungkin lah," kata Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Senin.

Bupati menyampaikan daerah wisata air Sungai Cisanggiri di wilayah selatan Garut itu berhasil ditemukannya, kemudian diberi nama sebagai kawasan wisata Leuwi Kanjeng Dalem.

Menurut dia kawasan wisata itu memiliki potensi yang bagus dengan menyuguhkan pemandangan alam yang masih asri, aliran air yang jernih, dan keindahan bebatuan di daerah itu.

"Itu kawasan bagus lah ya, itu adalah Sungai Cisanggiri," katanya.

Ia menyampaikan wilayah tersebut  merupakan kawasan Perhutani yang saat ini sudah dilakukan pengembangan seperti menanam buah-buahan.

Upaya mendukung pengembangan wisata itu, Pemkab Garut membangun infrastruktur jalan untuk memudahkan akses ke tempat wisata itu.

"Itu di wilayah yang sangat jauh, tapi sekarang infrastruktur sudah mulai dibuat," katanya.

Ia berharap potensi wisata di daerah itu bisa mengundang investor atau pihak swasta untuk mau berinvestasi mengembangkan pariwisata bernuansa alam di kawasan itu.

"Jadi, nanti kita akan jadikan itu kawasan yang bisa mengundang investor," katanya.

Bupati Garut bersama jajaran aparatur pemerintah daerah setempat sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke kawasan wisata air Leuwi Kanjeng Dalem untuk sekadar menikmati keindahan alam.

Selain itu rombongan Bupati Garut juga melakukan kegiatan wisata menyusuri arus sungai atau "body rafting" dengan melewati pemandangan alam dan juga dinding bebatuan yang menarik.

Bupati mengajak masyarakat untuk berkunjung ke kawasan wisata tersebut dan menikmati keindahannya yang memiliki kesan tersendiri.

"Ini kawasan eksklusif, mari kita bermain air bersama keluarga," katanya.


Baca juga: Gubernur Jabar resmikan wisata kelas dunia Situ Bagendit di Garut

Baca juga: Menjelajahi wisata asyik di Kabupaten Garut

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023