Beijing (ANTARA) - Observatorium nasional China, pada Senin (9/10) memperbarui peringatan kuning untuk Topan Koinu, yang diperkirakan akan membawa angin kencang dan hujan lebat ke wilayah selatan negara itu.

Peringatan kuning merupakan tertinggi ketiga dalam sistem peringatan empat warna.

Pusat Meteorologi Nasional China menyebutkan bahwa topan Koinu, topan ke-14 yang melanda China tahun ini, terdeteksi sekitar 90 kilometer sebelah tenggara Kota Taishan di Provinsi Guangdong pada Senin pukul 05.00 waktu setempat. Topan itu dengan kecepatan angin hingga 118,8 kilometer per jam di dekat pusatnya.

Pusat meteorologi itu mengatakan bahwa topan tersebut bergerak ke arah barat dengan kecepatan hingga 10 kilometer per jam, dan kekuatannya cenderung melemah secara bertahap.

Terdampak oleh topan tersebut, sebagian wilayah Guangdong akan diguyur hujan lebat atau hujan badai mulai Senin hingga Selasa (10/10). Sementara itu beberapa wilayah pesisir di Taiwan, Zhejiang, Fujian, Hainan, dan Guangxi akan mengalami angin kencang.

Selain itu, pusat meteorologi tersebut juga menyarankan kepada otoritas setempat untuk mempersiapkan diri menghadapi topan dengan memerintahkan kapal-kapal untuk kembali ke pelabuhan, menangguhkan aktivitas di luar ruangan, dan tetap waspada terhadap kemungkinan banjir serta bencana geologi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023