Jakarta (ANTARA) - Praktisi pendidikan yang juga CEO Aplikasi JadiPPPK Alif Hijriah mengatakan perlu memahami jenis soal PPPK sebelum mengikuti tes seleksi calon aparatur sipil negara (CASN).

"Perlu dipahami bahwa tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terdiri dari beberapa jenis tes, termasuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap jenis tes memiliki materi yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis-jenis tes ini agar pelamar dapat belajar dengan lebih efektif, " ujar Alif di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan untuk mempersiapkan diri dengan baik, maka memerlukan sumber belajar atau memilih bimbel PPPK 2023 yang tepat. Terdapat sejumlah buku dan sumber belajar online yang dapat membantu pelamar dalam memahami materi tes PPPK.

"Pastikan untuk memilih sumber belajar atau bimbingan belajar PPPK yang terpercaya dan sesuai dengan jenis tes yang diikuti, " terang dia.

Baca juga: Menpan RB: Tes CASN dan PPPK 2023 fokus tenaga pendidik dan kesehatan

Selain itu, perlu memilih kursus yang tepat terutama jika membutuhkan panduan dan bimbingan langsung dari instruktur yang berpengalaman.

"Kursus ini biasanya menyediakan simulasi tes dan latihan soal yang dapat membantu pelamar akrab dengan format tes sebenarnya, " tambah dia.

Salah satu kunci kesuksesan dalam tes PPPK adalah berlatih mengerjakan soal-soal latihan. Berlatih secara rutin akan membantu pelamar meningkatkan kemampuan menjawab soal dengan cepat dan tepat.
Alif mengatakan salah satu belajar yang efektif untuk mempersiapkan diri menghadapi tes PPPK adalah dengan berlatih mengisi soal dengan cepat dan efektif.

"Tentukan jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Cobalah untuk mengalokasikan waktu setiap hari untuk belajar, berlatih soal, dan memahami materi, " imbuh dia lagi. ***

Baca juga: Menteri PANRB cek langsung pelaksanaan tes PPPK
Baca juga: Kemenpan-RB menetapkan 632 kuota formasi PPPK untuk Pemkot Palu

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023