Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo menerima defile dalam upacara Parade Senja di Lapangan Bela Negara Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Senin malam.

Defile tersebut menampilkan pasukan dari tiga matra TNI, yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara, serta dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Upacara Parade Senja merupakan rangkaian dari acara perayaan HUT Ke-78 TNI dengan agenda utama penurunan bendera Merah Putih yang mengambil waktu sore hari hingga malam tiba.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang tiba di tempat acara sekitar pukul 18.10 WIB. Presiden disambut oleh Menhan Prabowo Subianto.

Upacara dimulai dengan laporan komandan upacara kepada Jokowi selaku inspektur upacara. Selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk menghormati para pejuang bangsa dan para pahlawan yang telah gugur.

Selain Prabowo, turut mendampingi Joko Widodo, yakni presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY serta para kepala staf matra TNI.

Usai mendampingi Presiden Jokowi, Prabowo selanjutnya memimpin acara gala dinner Dirgahayu TNI 05 Oktober 1946–05 Oktober 2023 yang juga berlokasi di halaman Gedung Kemenhan.

Mengawali acara itu, Prabowo mengajak seluruh peserta yang hadir untuk sejenak mengheningkan cipta, mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur.

"Marilah kita sejenak mengheningkan cipta mengenang jasa pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia," kata Prabowo.

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan yang disampaikan langsung oleh Prabowo Subianto dan SBY, serta ditutup dengan doa dan makan bersama seluruh peserta.

Baca juga: Napro 08 siap bergerak menangkan Prabowo Subianto
Baca juga: Gerindra sebut pertemuan Prabowo dan Kaesang bisa jadi "angin segar"


Pewarta: Cahya Sari
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023