“Saya yang langsung mengusulkan ke Pak Presiden agar saudara Mahdi diperpanjang masa tugasnya sebagai Penjabat Bupati Aceh Barat,
Meulaboh (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian resmi mengusulkan perpanjangan masa jabatan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, untuk satu tahun ke depan.

“Saya yang langsung mengusulkan ke Pak Presiden agar saudara Mahdi diperpanjang masa tugasnya sebagai Penjabat Bupati Aceh Barat,” kata Tito Karnavian di Jakarta, dalam video zoom meeting pada Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara nasional diterima ANTARA di Meulaboh, Senin.

Tito Karnavian secara terbuka mengatakan, Kabupaten Aceh Barat tepatnya Kota Meulaboh sebagai daerah yang terbaik di Indonesia dalam mengendalikan inflasi.

Namun ia juga memberi sinyal peringatan keras kepada daerah yang dinilai gagal mengendalikan inflasi serta program strategis nasional lainnya.

Mantan Kapolri itu lalu menyebutkan bagi daerah yang gagal mengendalikan laju inflasi itu masa tugas Penjabat kepala daerah nya tidak lagi diperpanjang.

“Kalau Aceh Barat, malah Drs Mahdi tak diusulkan oleh DPRD nya, namun kita yang langsung mengusulkan ke Pak Presiden,” kata Tito Karnavian.

Penjabat Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi yang dikonfirmasi ANTARA, Senin petang di Meulaboh mengatakan dirinya terharu dan bersyukur atas penghargaan yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian dalam zoom meeting Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara nasional pada Senin.

“Alhamdulillah, ini semua berkat dukungan dari semua elemen di Aceh Barat. Kami hanya diberi amanah untuk menjalankan serta berkoordinasi dengan lintas pemangku kepentingan,” kata Mahdi.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang telah bekerja secara penuh, sehingga menjadi bagian munculnya prestasi seperti ini.

Menurutnya, pernyataan Mendagri dalam rapat tersebut sekaligus memastikan jika Mahdi Efendi diperpanjang masa jabatannya sebagai Pj Bupati Aceh Barat hingga satu tahun ke depan.

Seperti diketahui, masa jabatannya sebagai Pj Bupati Aceh Barat untuk tahun pertama akan berakhir pada tanggal 11 Oktober 2023, setelah sebelumnya dilantik oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki di Banda Aceh, pada 11 Oktober 2022 lalu.

Seperti diketahui, Kabupaten Aceh Barat menjadi satu satunya daerah kabupaten/kota di Aceh yang menerima dana insentif fiskal (DIF) tiga kali secara berturut-turut di
tahun 2023.

Kabupaten Aceh Barat juga berhasil meraih juara kedua nasional dalam Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Pembangunan Tingkat Kabupaten tahun 2023.

Rangkaian pencapaian itu menjadi bukti konkret kinerja dalam trend positif Pemkab Aceh Barat sepanjang tahun 2023.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023