Palembang (ANTARA News) - Beragam seni budaya daerah di Indonesia termasuk Sumatera Selatan, akan memeriahkan Festival Sriwijaya yang siap digelar di pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, Sumatera Selatan, awal Juli 2013.

Dalam Festival Sriwijaya itu, semua kabupaten dan kota di Sumatera Selatan serta peserta luar provinsi mendapatkan kesempatan untuk menampilkan seni budaya daerah masing-masing, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Toni Panggarbesi, di Palembang, Sabtu.

Panitia, ujar dia, akan mengutamakan penampilan budaya lokal, tetapi agar festival tersebut menjadi lebih meriah seni dan budaya luar provinsi serta luar negeri juga akan ditampilkan.

Namun, kata dia lagi, seni dan budaya yang akan ditampilkan tersebut harus diseleksi terlebih dahulu mengingat waktu pelaksanaan Festival Sriwijaya yang singkat sementara pagelaran perlu waktu panjang.

Selain itu, supaya pengunjung Festival Sriwijaya tidak bosan, pihaknya juga akan melakukan kombinasi antara seni budaya satu dengan lainnya yang nantinya akan ditata secara lebih menarik.

Waktu penampilan seni budaya masing-masing peserta itu akan mendapatkan kesempatan tampil antara 30 hingga 45 menit atau tergantung kreativitas seniman masing-masing dalam meramu pagelaran tersebut.

Namun yang lebih penting lagi saat pementasan dalam festival nanti, para seniman diharapkan tidak hanya menampilkan pementasan seni dan budaya semata, tetapi juga pertunjukan lain yang dapat membuat penonton semakin tertarik.

Menurut Toni, target pengunjung dalam festival itu sebanyak 100.000 orang.

Apalagi dalam kegiatan tersebut juga mengundang negara sahabat untuk berpartisipasi, seperti dari Malaysia, Singapura, dan negara tetangga lainnya.

Selain penampilan seni dan budaya, dalam acara tersebut pihaknya juga akan melaksanakan pameran yang diikuti usaha kecil dan menengah. (U005/B014)

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013