PBB, New York (ANTARA News) - Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon, Jumat (24/5), dengan keras mengutuk serangan mematikan di Ibu Kota Afghanistan, Kabul, yang sasarannya meliputi kompleks Organisasi Internasional bagi Migrasi (IOM).

Beberapa pria bersenjata dan pembom bunuh diri melancarkan serangan terhadap beberapa sasaran yang juga meliputi kantor polisi di Kabul, Jumat malam, sehingga merenggut beberapa korban jiwa, kata satu sumber polisi.

"Ledakan pertama terjadi sekitar pukul 16.10 waktu setempat di Daerah Shahraram," kata sumber tersebut kepada Xinhua.

Sekretaris Jenderal "menyatakan pasukan keamanan Afghanistan telah menanggapi serangan itu. Untuk itu, Taliban telah mengaku bertanggung-jawab," demikian isi satu pernyataan yang dikeluarkan di Markas PBB, New York, oleh juru bicara Ban.

"Sekretaris Jenderal sangat menyesalkan jatuhnya korban jiwa di pihak rakyat Afghanistan dan pekerja bantuan internasional yang terjebak dalam serangan tersebut," kata pernyataan itu. "Ia menyampaikan simpati sepenuh hati kepada korban cedera."

"Ia menyeru semua pihak agar melancarkan setiap upaya guna mengakhiri kerusuhan dan mengupayakan perdamaian yang langgeng di Afghanistan," tambah pernyataan tersebut.

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013