Jakarta (ANTARA) - Tim judo Bali mendominasi perolehan medali dalam kelompok senior pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Piala KASAD XIV/2023 yang berlangsung di Hall Basket Komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Senin (9/10).

Pertandingan kategori kelompok senior yang dimainkan hingga Selasa ini juga dijadikan ajang pengumpulan poin untuk meraih tiket pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Dari 12 medali emas yang diperebutkan, Skuad Pulau Dewata berhasil merebut 5 medali emas dan 2 medali perak.

Kelima medali emas disumbangkan Dewa Ayu Mira Widari (kelas +78kg putri), I Made Sastra Dharna (kelas -90kg putra), Gede Ganding Kalbu Soethama (-100kg putra), I Gede Agastya Darma W (kelas +100kg putra), dan pasangan I Gusti Ngr Laksamana Tresna Putra/I Gusti Nym Agus Aprianto (Nomor Kata).

Baca juga: Putri DKI Jakarta dominasi Kejurnas Judo Kasad Cup 2023

Prestasi yang mengejutkan diukir I Made Sastra Dharma dengan mengalahkan atlet pelatnas Muh Altila Alfaridze yang membela Jambi pada pertandingan final. Sastra Dharna menang ippong.

“Ya, Alfaridze memang atlet pelatnas. Tetapi, saya tidak pernah gentar menghadapinya. Adu mental ajalah karena saya juga sudah melakukan persiapan maksimal untuk tampil di Piala KASAD,” kata Sastra Dharma dikutip dari keterangan resmi.

Dengan hasil ini, Sastra Dharma yang berdinas di Rindam 13 Merdeka Tumohon Manado, Sulawesi Utara memastikan tiket ke PON 2024 Aceh-Sumut. “Target saya meraih medali emas di PON 2024 Aceh-Sumut,” kata Sastra Dharma.

“Persaingan di Piala KASAD XIV ini cukup ketat. Bukan hanya muncul pejudo junior potensial tetapi pejudo daerah menunjukkan kualitasnya dengan mengalahkan pejudo pelatnas. Salah satu contohnya, Sastra Dharma,” imbuh Ketua Panitia Pelaksana Piala KASAD XIV/2023, Kolonel Inf Albert Simanjuntak.

Baca juga: Tim Judo Junior DKI Jakarta dominasi Kejurnas Judo Kasad Cup 2023

Secara terpisah, Ketua I Pengprov PJSI Bali, Nengah Sudiarta memberikan apresiasi perolehan 5 medali emas dan 2 perak yang diraih Timnas Judo Bali.

“Target kami memang meloloskan sebanyak-banyaknya pejudo Bali untuk tampil di PON 2024 Aceh-Sumut. Saat ini, kami sudah meloloskan 14 pejudo fighter (7 putra dan 7 putri) dan 2 pejudo kata. Di PON 2024 Aceh-Sumut nanti, kami akan berusaha untuk mempertahankan 6 medali emas termasuk nomor beregu campuran,” kata Nengah Sudiarta.

Kejurnas Judo Piala KASAD XIV/2023 yang diikuti 636 atlet dari 24 Pengprov PJSI termasuk TNI-Polri ini akan ditutup secara resmi pada Selasa.

Baca juga: Kejurnas Judo Kasad Cup XIV 2023 resmi digelar

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023