Jayapura (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bertemu dengan tokoh agama dan penggiat Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua untuk membahas isu perdamaian daerah tersebut.

"Pertemuan ini diharapkan memberikan hasil untuk kedamaian Tanah Papua, sebagaimana yang diharapkan oleh Wapres Ma'ruf Amin," kata Deputi Setwapres Bidang Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai saat membuka pertemuan di Kantor Gubernur Papua, Selasa.

Dalam kegiatan tersebut Wapres Ma'ruf Amin didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, dan Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.

Turut hadir 15 tokoh agama dan penggiat HAM yang melakukan audiensi bersama Wapres Ma'ruf Amin dalam pertemuan tersebut.

Baca juga: Wapres bertemu aktivis HAM pada hari kedua berkantor di Papua

Menurut Velix, kunjungan Wapres salah satunya untuk membangun perdamaian yang berkelanjutan di Tanah Papua.

Usai pertemuan itu, Wapres Ma'ruf Amin dijadwalkan memimpin Rapat Koordinasi Badan Pengarah Papua (BPP) dengan agenda diskusi terkait kesiapan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sentra sarana dan prasarana pemerintah provinsi di empat Daerah Otonom Baru (DOB) dan kebijakan pendukung lainnya.

Kemudian pada Rabu (11/10) Wapres dijadwalkan menerima Persekutuan Gereja-Gereja (PGG) Papua, PGG Papua Barat, dan Papua Christian Center (PCC).

Selain itu di Papua Youth Creative Hub (PYCH) Jayapura, Wapres juga akan menyerahkan secara simbolis Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Sebagai Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Wapres juga akan melakukan dialog dengan para tokoh olah raga Papua di Stadion Utama Papua Bangkit, Jayapura.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin tiba di Jayapura

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023