Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Soildaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengatakan partainya akan menyatakan arah dukungan untuk bakal calon presiden di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 pada pekan depan

"Insya Allah pekan depan akan diumumkan," kata Kaesang usai bertemu dengan Seknas Jokowi di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pengumuman sikap partai tersebut diambil setelah melakukan konsolidasi partai di tingkat DPD, DPW dan DPP PSI. Kaesang mengatakan dirinya sebagai pimpinan partai sudah meminta pendapat dan aspirasi dari daerah terkait arah politik partai untuk Pilpres 2024.

"Kami sudah meminta aspirasi daerah, maunya seperti apa. Apa yang kami dapat itu nanti yang diumumkan," kata dia.

Kaesang menekankan bahwa sampai saat ini PSI belum menjatuhkan pilihan dukungan kepada salah satu bakal calon presiden (bacapres). Karena itu menurut dia, kunjungannya bersama pimpinan PSI ke kantor relawan merupakan bagian dari silaturahmi politik termasuk dengan Seknas Jokowi.

"Relawan ini sudah menentukan pilihan masing-masing seperti Samawi ke Pak Prabowo, Seknas ke Pak Ganjar. Kami tidak masalah dengan hal tersebut," kata dia.

Ia mengatakan kunjungan ini merupakan bagian dari silaturahmi untuk menyinergikan dan kolaborasi ke depan untuk Indonesia 2045.

Ketua Relawan Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi Rambun Tjajo mengatakan pertemuan antara dirinya dengan Kaesang, tidak banyak membicarakan Pemilu 2024.

"Lebih banyak silaturahmi dan bercerita tentang Presiden Jokowi yang menginspirasi organisasi ini," kata dia.

Untuk pilihan politik, Seknas Jokowi sudah menjatuhkan pilihan mendukung Ganjar Pranowo dalam Rakernas Seknas Jokowi beberapa waktu lalu.

"Ini keputusan organisasi yang harus kita jalankan ke depan," kata dia.

Sebelumnya Ketum PSI Kaesang Pangarep beserta pengurus PSI melakukan pertemuan tertutup selama satu jam dengan Pengurus Seknas Jokowi di Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Baca juga: Kaesang temui Relawan Seknas Jokowi di Jakarta

Baca juga: Kaesang sudah jadwalkan pertemuan dengan Prabowo

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023