Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kehadiran Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao dan para pemimpin Forum Negara Pulau dan Kepulauan (AIS Forum) dalam jamuan makan malam yang diselenggarakan di kawasan Nusa Dua, Kabupaten badung, Bali, Selasa.

Xanana yang hadir dengan mengenakan kemeja merah berbahan tenun endek khas Bali, sempat memperagakan gerakan laik-nya baris-berbaris kemudian memberi hormat dengan membungkukkan badannya ketika berhadapan dengan Jokowi.

Aksi tersebut mengundang tawa Presiden Jokowi, yang kemudian menyalami Xanana dan mengajaknya mengobrol sebentar.

Baca juga: Indonesia dan Tonga jajaki kerja sama ekowisata

Baca juga: AIS Forum fasilitasi negara pulau dan kepulauan mampu mandiri


Selain menyambut ketibaan pemimpin Timor Leste itu, Jokowi turut menerima PM Niue Dalton Tagelagi, Presiden Mikronesia Wesley Simina, PM Sao Tome and Principe Partice Emery Trovoada, dan PM Tuvalu Kausea Natano.

Presiden pun menyambut kedatangan Deputi PM Fiji Manoa Seru Nakausabaria Kamikamica dan Deputi PM Tonga Samiu Kuita Vaipulu sebelum memulai jamuan makan malam KTT AIS Forum.

KTT AIS Forum yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya pada 11 Oktober 2023, dihadiri oleh 30 negara dari total 51 negara peserta, dan empat organisasi internasional.

Baca juga: Pertemuan menteri AIS Forum hasilkan tujuh dokumen kerja sama

Pertemuan puncak yang mengusung tema ekonomi biru, masa depan kelautan, dan solidaritas itu menjadi tonggak bersejarah yang mendasari sinergi solusi di antara negara peserta AIS Forum untuk mengatasi tantangan global.

KTT AIS Forum berfokus pada kerja sama untuk mengatasi empat isu global yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim.

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023