Terdapat 900 lebih megalit dalam berbagai bentuk dan ukuran yang tersebar di Lembah Napu dan Bada, Kabupaten Poso
Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengemukakan Negeri Seribu Megalit menjadi ikon baru bagi Sulteng, yang harus terus dipromosikan di dalam negeri dan ke luar negeri demi meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayahnya.

"Negeri Seribu Megalit, ikon baru Sulawesi Tengah," katanya dalam sambutannya pada acara pencanangan Sulteng Negeri Seribu Megalit di Lembah Bada, Desa Kolori, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso, Selasa.

Pencanangan Sulteng Negeri Seribu Megalit dihadiri oleh perwakilan pemerintah pusat, Pemprov Sulteng, pemerintah kabupaten dan kota se-Sulteng, pemerhati cagar budaya, budayawan, pimpinan perguruan tinggi, BUMN, dan BUMD di Sulteng.

Rusdy menerangkan berdasarkan data yang ada saat ini, terdapat 900 lebih megalit dalam berbagai bentuk dan ukuran yang tersebar di Lembah Napu dan Bada, Kabupaten Poso.

Ukuran batu tertinggi menyerupai manusia setinggi empat meter dengan lebar rata-rata 1,5 sampai 2,5 meter.

Hasil penelitian arkeologi menyebutkan megalit tersebut diperkirakan berasal dari 3.000 tahun sebelum Masehi dan yang termuda dibuat sekitar 1.300 tahun sebelum Masehi.

Bentuk batu tersebut beragam antara lain berupa patung arca, kalamba, tutu'na dan dakon.

Gubernur berharap pencanangan tersebut dapat mendorong UNESCO PBB untuk menetapkan warisan budaya dunia megalit di kawasan Lore Lindu, yang meliputi Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi.

"Pencanangan ini juga diharapkan meningkatkan pemajuan kebudayaan demi tercapainya indeks pembangunan kebudayaan di Provinsi Sulawesi Tengah," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur menginstruksikan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulteng agar segera membuka akses jalan di wilayah Lore Lindu meliputi Kabupaten Poso dan Sigi.

"Hal ini untuk memudahkan transportasi dari dan ke lokasi megalit yang ada di Poso dan Sigi," ungkapnya.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Sulteng jumlah kunjungan wisatawan pada 2022 mencapai sebanyak 1,3 juta jiwa. Sementara, target kunjungan wisatawan pada 2023 sebanyak 2 juta.
 
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura bersama para kepala daerah, TNI, dan Polri, mencanangkan Sulteng Negeri Seribu Megalit di Poso, Sulteng, Selasa (10/10/2023). ANTARA/HO-Pemprov Sulteng

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023