...dari total 400 ekor unggas yang diambil sebagai sampel menunjukkan hasil negatif AI.
Banjarmasin (ANTARA) - Karantina Pertanian Banjarmasin memastikan Kalimantan Selatan (Kalsel) terbebas dari penyebaran penyakit Avian Influenza (AI) atau flu burung berdasarkan pemantauan daerah sebar hama penyakit hewan karantina (HPHK).

"Setelah dilakukan pengujian dengan metode RT-PCR, dari total 400 ekor unggas yang diambil sebagai sampel menunjukkan hasil negatif AI," kata Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin Nur Hartanto, di Banjarmasin, Selasa.

Pemantauan daerah sebar HPHK merupakan salah satu kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan oleh Karantina Pertanian.

Tahun ini Karantina Pertanian melakukan pemetaan status dan situasi penyakit Avian Influenza atau lebih dikenal dengan sebutan flu burung di beberapa kabupaten dan kota di Kalsel yang terpilih sebagai target pemantauan.

Target itu antara lain Kabupaten Tabalong, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotabaru, dan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Hasil pemantauan itu menurut Hartanto, dapat dijadikan sebagai acuan untuk penentuan kebijakan dalam pengawasan AI ke depannya.

Hartanto menekankan pentingnya penguatan kolaborasi dan sinergi antarinstansi yang diharapkan dapat membebaskan atau mengendalikan penyakit AI di wilayah Kalsel.

"Kolaborasi Karantina bersama instansi terkait sangat diperlukan guna menjaga dan mencegah penyebaran HPHK di wilayah Kalsel," ujarnya pula.

Pewarta: Firman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023