Jakarta (ANTARA) - Lima berita seputar DKI Jakarta pada Selasa (10/10) terkait suasana nyaman dan aman di sekolah hingga anggota DPRD diminta memahami anggaran, menarik perhatian publik dan layak menjadi referensi Anda pada Rabu pagi ini.
 
Berikut rangkumannya:

Pengamat: Guru dan orang tua harus bangun suasana nyaman dan aman

Pengamat pendidikan Doni Koesoema menilai membangun suasana yang nyaman dan aman adalah hal penting yang harus dilakukan oleh guru dengan murid di sekolah dan orang tua dengan anak di rumah.
 
"Agar anak merasa nyaman dan tidak tertekan di sekolah. Jika ada masalah, bisa terbuka dengan guru dan orang tua. Anak-anak pun akan merasa aman terbuka dengan mereka, sehingga kekerasan ataupun perundungan bisa ditangani," kata Doni kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya


KPAI bantah siswa SMP 132 jatuh karena bunuh diri atau didorong

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) membantah siswa kelas IX SMP Negeri 132 Cengkareng, Jakarta Barat, jatuh dari lantai empat hingga meninggal dunia disebabkan bunuh diri atau didorong temannya.

"Kalau kemarin kita sempat mendapat info katanya bunuh diri, terus ada juga yang menyebut didorong temannya, hari ini kita mendapat penjelasan tidak ada peristiwa seperti disebutkan itu. Untuk itu terima kasih kepada Pak Kapolsek," kata Ketua KPAI Ai Maryati Solihah kepada wartawan di sekolah korban, Selasa.

Baca selengkapnya


Jakut latih 396 kepala sekolah tangani kekerasan libatkan pelajar

Pemerintah Kota Jakarta Utara melalui Suku Dinas Pendidikan Wilayah I dan II melatih 396 kepala sekolah negeri maupun swasta di wilayah tersebut untuk mencegah dan menangani kekerasan yang melibatkan pelajar.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Utara Sri Rahayu Asih Subekti mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan secara daring pada Senin itu diharapkan memperkuat kognisi para kepala sekolah mengenai rencana pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Anti Tawuran, Perundungan dan Kekerasan Seksual di lingkungan sekolah oleh Wali Kota Jakarta Utara.

"Saat ini masih dilakukan proses pembentukan satgas di lingkungan sekolah," kata Sri Rahayu saat dikonfirmasi, Selasa.

Baca selengkapnya


​​​​​​​KPAI minta transparansi pada jatuhnya pelajar SMP di Cengkareng

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta transparansi dalam kasus tewasnya pelajar SMP 132 di Cengkareng, Jakarta Barat, akibat terjatuh dari lantai empat gedung sekolah tersebut.
 
Ketua KPAI Ai Maryati Solihah menyatakan, transparansi jika ditemukannya kelalaian tersebut perlu diberitahukan kepada publik agar dijadikan pembelajaran.
 
"Kalau saya menemukan bukti-bukti adanya kelalaian, ini harus tetap disampaikan sebagai pembelajaran publik," ungkap Maryati di Jakarta pada Selasa.

Baca selengkapnya


​​​​​​​FDTJ harap legislator cermati belanja daerah untuk program prioritas

Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) berharap anggota DPRD DKI Jakarta lebih mencermati belanja daerah untuk program prioritas pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2024.
 
​​​​​​Pendiri FDTJ Adrianus Satrio Adi Nugroho di Jakarta, Selasa, menilai anggota DPRD DKI Jakarta kurang mencermati belanja daerah yang digunakan untuk program prioritas seperti penanganan kemacetan.
 
Dia juga menyayangkan ada anggota DPRD DKI Jakarta yang tak bisa membedakan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta dan LRT Jabodebek.
 
"Disebutkan tarif LRT yang sekarang Rp5 ribu jadi Rp20 ribu, miris sih selevel fraksi DPRD gak paham LRT Jakarta dan LRT Jabodebek," kata Adrianus kepada pers di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023