Osaka (ANTARA News) - Aktor Kyogen, Shigeyama Sensaku, satu-satunya harta nasional dalam seni Kyoden Jepang yang masih hidup, Kamis lalu meninggal dunia karena kanker paru-paru di rumahnya di Kyoto, kata keluarganya.

Dia menghembuskan nafas terakhir pada usia 93.

Shigeyama, yang nama aslinya adalah Shime Shigeyama, menjadi Shigeyama Sensaku XII pada tahun 1966, mewarisi Kyogen gaya Okura, sebuah bentuk teater komik Jepang tradisional.

Dia dikenal karena melanggar tabu dengan tampil bersama dengan aktor Kyogen dari sekolah lain dan muncul dalam drama TV.

Dia juga lama berkecimpung dalam pagelaran Kyogen di sekolah nasional untuk menarik lebih banyak penggemar terutama dari kalangan muda.

Shigeyama ini ditetapkan sebagai harta nasional hidup pada tahun 1989 dan menjadi anggota dari Japan Art Academy pada tahun 1991.

Ia dianugerahi Order of Culture pada tahun 2007.

Kyogen, seperti juga kesenian tradional Noh (drama topeng), Bunraku (drama boneka) dan Kabuki (drama tradisional menampilkan tokoh perempuan yang dimainkan oleh pemain laki-laki) mendapat tempat khusus dalam pementasan secara berkala setiap tahun oleh pemerintah Jepang.

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013