Dengan pengembangan kreativitas, semua mahasiswa berkesempatan sukses dengan berwirausaha
Makassar (ANTARA) - Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Hendro Wicaksono, memberikan motivasi wirausaha kepada mahasiswa dalam program Kuliah Umum Kemenpora RI yang digelar bersama Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas di Gedung Ipteks Unhas, Makassar, Rabu

Hendro Wicaksono menyampaikan, tugas pokok Kemenpora RI adalah menggairahkan memotivasi berwirausaha.

Baca juga: Pegadaian meluncurkan TGSC lahirkan wirausaha muda

“Kesempatan sukses bukan hanya milik mahasiswa cerdas dengan predikat cumlaude, tapi dengan pengembangan kreativitas, semua mahasiswa berkesempatan sukses dengan berwirausaha,” jelas Hendro yang hadir bersama Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Raden Isnanta pada acara tersebut.

Kuliah Kewirausahaan Muda merupakan program Kemenpora RI yang bertujuan untuk membangun mindset pemuda dan menumbuhkan minat wirausaha untuk terus berwirausaha, khususnya mahasiswa agar tidak lagi sebagai pencari kerja tapi pencipta lapangan kerja.

Ia menjelaskan, Unhas merupakan salah satu dari tiga kampus yang sudah menyepakati kerja sama dengan Kemenpora RI. Dengan kegiatan ini mahasiswa Unhas lebih banyak yang berwirausaha.

“Perekonomian negara maju ditopang dengan banyaknya wirausaha. Wacana kewirausahaan ini bila terus dikembangkan maka akan menggenjot perekonomian Indonesia,” katanya pada kuliah umum bertema “Raih Sukses dengan Berwirausaha di Kota Daeng".

Baca juga: Pemkab Buleleng fasilitasi pemuda jadi wirausaha

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi PhD, mengatakan Unhas punya Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) yang rutin dilaksanakan setiap tahun dengan skema bantuan dana dari internal Unhas.

Selain itu mahasiswa Unhas juga aktif mengikuti ajang pengembangan wirausaha yang diselenggarakan Kemendikbudristek, serta BUMN-BUMN yang juga rutin mengadakan even kewirausahaan.

“Saat ini untuk pengembangan mahasiswa wirausaha kami fokus pada kuantitas. Kurang lebih dana yang disiapkan Unhas Rp1 miliar untuk pengembangan kewirausahaan. Ini juga merupakan bagian dari upaya meningkatkan indikator kinerja utama di mana target yang diberikan kementerian adalah minimal 10 persen untuk mahasiswa wirausaha,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Abdullah Sanusi berharap mahasiswa Unhas mendapatkan wawasan dan motivasi bahwa berwirausaha dapat menjadi pilihan karir selain menjadi karyawan.

“Unhas siap berkolaborasi mengembangkan kewirausahaan dan menjadi bagian dari solusi untuk upaya memajukan pemuda bersama Kemenpora,” urainya.

Baca juga: Menkop UKM: IDM 2023 menawarkan aneka kemudahan jadi wirausaha

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023