Tidak ada korban, penghuni rumah selamat, tapi barang-barang dagangan dan perabotan rumah hanyut
Tasikmalaya (ANTARA News) - Tiga titik longsoran tanah bukit menutup badan jalan Kelurahan Leuwiliang, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat mengakibatkan akses jalan tersebut tidak dapat dilintasi kendaraan.

Tokoh masyarakat setempat, Hobar, Senin mengatakan longsoran bukit Kampung Nusalaksana tersebut terjadi saat hujan deras, Minggu (26/5) sekitar pukul 20.00 WIB.

"Hujan besar yang terjadi tadi malam mengakibatkan longsor dan menutupi seluruh jalan sehingga tidak bisa dilewati mobil," kata Hobar.

Ia mengatakan, jalan Leuwiliang merupakan akses jalan menghubungkan kelurahan lainnya yakni Kelurahan Cibeuti dan Kelurahan Air Tanjung serta ke jalan raya menuju Kota Tasikmalaya.

Sementara kendaraan roda empat, kata Hobar harus memutar arah, sedangkan sepeda motor masih bisa melintas di pinggiran jalan yang hanya terkena sedikit longsoran.

"Motor yang memaksakan melintas harus hati-hati, bahkan di satu titik longsor, motor harus diangkat karena ada pohon kelapa yang tumbang menutup jalan," katanya.

Selain menutup badan jalan, longsor juga menutup saluran air sehiingga air meluap dan masuk rumah warga. Salah satu rumah warga yang berada dekat dengan saluran air itu jebol bagian dinding tembok belakang rumah.

Peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri saat tembok rumah ambrol, namun sejumlah barang dalam rumah terbawa hanyut.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013