"Kegiatan yang dilaksanakan sambil menunggu perintah dari Komandan Satgas Pamwil, para personel Sub Satgas Cadangan stand by siap gerak dan melaksanakan latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) dengan berbagai perlengkapannya yang dimiliki oleh seluruh
Denpasar (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia menyiapkan pengamanan tamu negara para delegasi di luar jadwal yang ditentukan dalam agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Nusa Dua, Bali.

Komandan Sub Satgas Cadangan Letkol Inf M. Adriansyah dalam keterangannya di Denpasar, Bali, Rabu mengatakan Sub Satgas Cadangan tersebut berada di bawah Komando Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil).

Sub Satgas Cadangan itu memiliki tugas pokok melaksanakan pengamanan pada Ring 2 dan Ring 3 untuk para tamu negara dan spouse (pasangannya) di seluruh obyek kegiatan di luar dari jadwal yang dikunjungi saat berlangsungnya kegiatan KTT AIS Forum 2023.

Letkol Inf M. Adriansyah menyampaikan Sub Satgas Cadangan dibagi menjadi 11 Pasukan Inkognito yang dipimpin oleh masing-masing Komandan Komplek (Danplek), yang dalam tugasnya menggunakan pakaian batik pada Ring 2 dan pakaian dinas bersenjata lengkap pada Ring 3.

"Kegiatan yang dilaksanakan sambil menunggu perintah dari Komandan Satgas Pamwil, para personel Sub Satgas Cadangan stand by siap gerak dan melaksanakan latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) dengan berbagai perlengkapannya yang dimiliki oleh seluruh Satuan Tempur dan Bantuan Tempur di Bali, seperti Yonif Raider 900/SBW, Yonif Mekanis 741/GN, Yonzipur 18/YKR dan Denkav 4/SP," katanya.

Selain dipersenjatai dengan senjata perorangan yang melekat pada tiap personel, Letkol Adriansyah juga menyebutkan Sub Satgas Cadangan juga didukung dengan kendaraan Truk pengangkut personel yang disiapkan oleh unsur pendukung Banmin sebanyak 30 unit.

"Dalam pelaksanaannya apabila suatu saat dibutuhkan, Sub Satgas Cadangan nantinya akan mendapat perintah langsung dari Asisten Operasi Satgas Pamwil melalui Radio atau Handy Talkie (HT). Kemudian para personel yang telah siap langsung melaksanakan pergerakan menuju sasaran," kata Letkol Adriansyah yang kesehariannya juga menjabat sebagai Dansecaba Rindam IX/Udayana.

Dia berharap, KTT AIS Forum 2023 ini dapat berjalan dengan lancar sampai dengan akhir kegiatan dan para tamu negara merasa nyaman melaksanakan kegiatan internasional tersebut di Bali, sehingga tentunya Indonesia akan menerima apresiasi serta tanggapan dan dampak positif bagi pariwisata di Bali.

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023