Sentani (ANTARA) - National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Papua menyampaikan keinginan untuk pembangunan pusat olahraga (Sport Center) ke Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat pertemuan di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Ketua NPCI Papua Jaya Kususma di Sentani, Rabu, mengatakan pihaknya telah menyediakan lahan seluas tiga hektare di daerah Holtekamp untuk pembangunan pusat olahraga bagi atlet disabilitas.

"Sehingga kami berharap nantinya Bapak Wakil Presiden bisa membantu dalam pembangunan sport center guna pembinaan atlet NPCI Papua," katanya.

Menurut Kusuma, dengan adanya pusat olahraga itu maka pembinaan atlet disabilitas di Papua juga akan berjalan lebih optimal apalagi para atlet di daerah itu sudah banyak menorehkan prestasi baik di level nasional maupun internasional.

"Itu dilihat saat Peparnas XVI Papua pada 2022 kami meraih juara umum dan kami sangat bangga dengan prestasi yang didapat para atlet," ujarnya.

Dia menambahkan selain itu sebanyak 13 atlet NPCI Papua juga selalu mewakili Indonesia di ajang internasional seperti SEA Games Kamboja pada 2023.

"Di mana pada ajang itu mereka berhasil mempersembahkan 15 medali emas, tujuh perak dan delapan perunggu bagi kontingen Indonesia," katanya lagi

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan pihaknya akan membahas usulan yang telah disampaikan karena persoalan utama ada pada anggaran.

"Tetapi masukkan ini akan kami godok sehingga ada langkah-langkah yang disusun karena ini juga sebagai bagian dari desain besar olahraga nasional," katanya.

Baca juga: Pemuda Tabi harap kedatangan Wapres dapat berantas korupsi di Papua
Baca juga: Wapres usulkan paduan revolusi mental dengan mata ajar moral Pancasila
Baca juga: Wapres: Mentan harus segera definitif untuk atasi krisis pangan

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023