Pangkalpinang (ANTARA) - Badan Pengawasan Pemilihan Umum Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak seluruh warga ikut berperan aktif dalam menjaga situasi kondusif, aman dan damai menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Saat ini beberapa tahapan sudah mulai berjalan dan situasi masih sangat aman dan nyaman, kami berharap situasi seperti ini bisa terus dijaga sehingga Pemilu 2024 berjalan damai, lancar, sukses dan sesuai aturan yang berlaku," kata Ketua Bawaslu Pangkalpinang, Imam Ghozali, di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu.

Baca juga: Kodam XVII/Cenderawasih siagakan 2.784 prajurit di Papua Pegunungan

Selain mengajak peran aktif warga, pihaknya juga memberikan apresiasi positif atas berbagai persiapan yang sudah dilakukan instansi terkait, khusus Polresta Pangkalpinang, yang sudah menjaga keamanan dan ketertiban selama persiapan pelaksanaan pemilu.

"Kami berikan apresiasi kepada Polresta Pangkalpinang yang telah melakukan persiapan, bahkan telah menggelar simulasi sistem pengamanan dalam kota untuk mewujudkan pemilu damai Indonesia maju 2024," ujarnya.

Baca juga: KPU-Polres Gowa gelar simulasi pengamanan Pemilu 2024

Menurut dia, persiapan pengamanan yang dilakukan tim gabungan telah memberikan gambaran terkait kesiapan pengamanan pelaksanaan pemilu dan mampu sudah cukup mampu melakukan deteksi dini berbagai kemungkinan yang bisa terjadi selama persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara.

Ia mengatakan Pangkalpinang merupakan kota yang aman, artinya kewaspadaan dini untuk mencegah terjadinya potensi kerusuhan atau aksi massa dapat diantisipasi.
"Seluruh pemangku kepentingan juga telah sepakat untuk bersama-sama menjaga situasi dan kondisi Pangkalpinang agar tetap kondusif," katanya.

Baca juga: Bupati Pinrang hadiri rakor Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu

Meskipun demikian, kata dia, peran aktif masyarakat juga masih sangat dibutuhkan untuk menciptakan Pemilu 2024 yang kondusif, aman dan damai. "Mari kita jaga suasana damai Kota Pangkalpinang agar terus menjadi kota yang aman, nyaman dan kondusif," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023