Sejumlah program dan kebijakan di era Presiden Jokowi juga perlu dilanjutkan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan sejumlah program dan kebijakan di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) perlu dilanjutkan pada kepemimpinan mendatang.

"Sejumlah program dan kebijakan di era Presiden Jokowi juga perlu dilanjutkan," ujar Shinta dalam konferensi pers "Isu Strategis APINDO di Masa Transisi Politik 2024" di Jakarta, Rabu.

Shinta menyebutkan beberapa program dan kebijaksanaan Jokowi yang perlu dilanjutkan adalah reformasi struktural terhadap iklim usaha sektoral dan lintas sektoral, khususnya agar lebih berorientasi pada peningkatan daya saing manufaktur, ekspor dan penciptaan green/sustainable economy.

Lebih lanjut, reformasi birokrasi, khususnya untuk menciptakan birokrasi yang lebih efisien, tanpa hambatan, akuntable, profesional dan berorientasi bisnis.

Reformasi SDM, agar terkonsentrasi pada pekerja berketerampilan, di mana sangat dibutuhkan pada era industri 4.0 dan digitalisasi ekonomi beserta dengan iklim ketenagakerjaan yang dibutuhkan.

"Keterbukaan ekonomi strategis yang disertai dengan penyesuaian domestik untuk peningkatan daya saing ekspor nasional dan inbound investasi. Target Indonesia Maju 2045, stabilitas makro ekonomi," kata Shinta.

Shinta menuturkan, transisi energi dan target nol emisi karbon 2060 juga perlu diteruskan. Para pengusaha mendukung penuh program transisi energi pada setiap sektor industrinya.

Program dan kebijakan lain yang perlu dilanjutkan lainnya adalah penguatan akses keuangan dan pemberdayaan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta memastikan mekanisme riil proyek strategis pemerintah seperti Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan proyek infrastruktur lainnya.

Shinta menyatakan, siapa pun yang akan menjadi pemimpin masa depan Indonesia diharapkan bisa menyempurnakan reformasi sumber daya manusia yang mampu mendorong bonus demografi sebagai modal pembangunan, meningkatkan stabilitas makro ekonomi hingga mendorong keterbukaan ekonomi strategis yang disertai penyesuaian kebijakan domestik.

Baca juga: Asosiasi pengusaha sebut investor lokal dibutuhkan untuk bangun IKN
Baca juga: Apindo siapkan peta jalan perekonomian sambut pemerintahan baru 2024

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023