Padangpanjang (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan pelatihan pembuatan tas dan dompet kulit bagi pengrajin kulit di Kota Padangpanjang, Sumatera Barat.

"Pelatihan ini merupakan kerja sama Kementerian Perindustrian dengan Pemkot Padangpanjang," kata Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin ketika membuka kegiatan, Senin.

Dia mengatakan bahwa pelatihan bagi pengrajin kulit tersebut salah satu bentuk program dari Pemkot Padangpanjang dalam rangka meningkatkan keterampilan dan SDM pengrajin.

"Mereka (peserta pelatihan) akan bisa meningkatkan kompetensi di bidang olahan dari bahan baku kulit sehingga produk yang dihasilkan itu bisa berkompetisi di pasaran," kata dia.

Dia mengatakan bahwa Padangpanjang merupakan pusat industri kulit di Indonesia bagian barat, sudah seharusnya peningkatan kompetensi pengrajin agar bisa berinovasi dalam hal kerajinan kulit.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustri dan Perdagangan Kota Padangpanjang Reflis mengatakan bahwa pelatihan tersebut akan berlangsung selama 10 hari ke depan yang akan diikuti sebanyak 20 peserta dari daerah itu.

"Peserta dilatih secara teori dan dilanjutkan dengan praktik," kata dia.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013